Webinar Nasional Metodologi Penelitian: Memahami Konsep Dasar Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif
Abstract
Penelitian mengenai metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas penelitian akademik dan profesional. Webinar Nasional Metodologi Penelitian ini diselenggarakan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan meningkatkan pemahaman peserta terhadap konsep dasar dan penerapan metodologi penelitian. Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui platform Zoom dengan melibatkan 145 peserta dari berbagai kalangan, termasuk dosen, akademisi, praktisi, dan mahasiswa. Metode yang digunakan dalam webinar ini mencakup pemaparan materi oleh keynote speaker dan narasumber, diskusi interaktif, serta sesi tanya jawab yang memungkinkan peserta memperoleh pemahaman yang lebih dalam mengenai metodologi penelitian. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa lebih dari 90% peserta merasa mendapatkan manfaat signifikan dari webinar ini, terutama dalam hal pemahaman mengenai pemilihan desain penelitian, teknik pengumpulan data, dan metode analisis yang sesuai dengan kebutuhan penelitian mereka. Berdasarkan survei umpan balik, peserta juga mengapresiasi materi yang disampaikan secara sistematis serta kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan para ahli. Kesimpulan dari kegiatan ini menunjukkan bahwa webinar berhasil meningkatkan literasi metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif di kalangan peserta, serta memberikan dasar yang kuat bagi mereka untuk mengaplikasikan metodologi penelitian dengan lebih efektif. Dengan demikian, kegiatan ini memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas penelitian di berbagai disiplin ilmu.
References
Al Haris, M. (2022). Annual Physiotherapy Scientific Meeting Proceeding. Annual Physiotherapy Scientific Meeting Proceeding, 3(2).
Arifianto, T., Syafii, M., Febrian, W. D., Sani, I., Wajnah, W., & Nainggolan, H. (2024). PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH TERINDEKS SCOPUS BERBANTU APLIKASI
MENDELEY. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 121–128.
Arta, K. S., Purnawati, D. M. O., Yasa, I. W. P., Ahmad, R., & Purnawibawa, G. (2021). Pelatihan penulisan artikel untuk publikasi di jurnal ilmiah terindeks sinta untuk meningkatkan profesionalisme bagi guru-guru di SMP Stap N 3 Sukasada. Proceeding Senadimas Undiksha, 1357.
Febrian, W. D., Maq, M. M., Rijal, S., & Handayani, E. S. (2023). Pengenalan Teknis Penulisan Artikel Ilmiah Dan Bimbingan Teknis Penerbitan Artikel Pada Jurnal Sinta Bagi Guru-Guru Madrasah Di Pinggiran Kota. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 165–171.
Karomah, B., & Rukmana, R. M. (2022). PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME MAHASISWA DALAM MENYUSUN ARTIKEL ILMIAH DAN PUBLIKASI DI JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI SINTA. Journal of Social Outreach, 1(2), 1–9.
Marvasti, A. (2021). Research methods. The Cambridge Handbook of Social Problems, 1(3), 23–37. https://doi.org/10.1017/9781108656184.003
Rahim, A., Malik, A., Hastuti, D. R. D., Syam, U., & Sabar, W. (2020). Pelatihan Teknik Penulisan Artikel Ilmiah Internasional Bereputasi dan Nasional Terakreditasi Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Sadik, O. (2019). A discussion of the concepts of validity and reliability in qualitative and quantitative research. Mediterranean J. of Edu. Res, 28(5), 145–156.
Siagian, T., Istifa, M. A. K., Wiliyanti, V., Rukiyanto, B. A., Ladjin, N., & Wijaya, H. (2024). PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH TERINDEKS SCOPUS BERBANTU APLIKASI SPSS.
Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4246–4251.
Wahyuli, Y. H., Sari, D. N. F., & Haryani, D. (2022). Pelatihan Training Of Trainer (Tot) Penulisan Artikel Ilmiah Bereputasi Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Artikel Ilmiah Dosen. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1652–1658.
Copyright (c) 2025 I Putu Agus Dharma Hita, Pilifus Junianto, Asri Ady Bakri, Alifia Ramadhina Putri, Elsa Ariestika, Avi Valentri, Teti Trisnawati, Doni Pranata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




