Penerapan Aplikasi FashionFleet Berbasis AI untuk Meningkatkan Omset Penjualan dan Pengelolaan Manajemen Usaha

  • Yusra Fernando Universitas Teknokrat Indonesia
  • Dedi Darwis Universitas Teknokrat Indonesia
  • Febrian Eko Saputra Universitas Teknokrat Indonesia
Keywords: Artificial Intelligence, Digital Marketing, FashionFleet, Manajemen Usaha, UMKM

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja usaha UMKM Toko Baju Starly melalui penerapan aplikasi FashionFleet berbasis Artificial Intelligence (AI). Permasalahan utama mitra meliputi pencatatan transaksi yang masih manual, kesulitan dalam perhitungan harga pokok penjualan (HPP), kurangnya pengelolaan stok, serta strategi pemasaran digital yang belum optimal. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini mencakup pendekatan partisipatif, kolaboratif, dan pemberdayaan melalui pelatihan, pendampingan, serta implementasi aplikasi. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada berbagai aspek, antara lain pemahaman penggunaan aplikasi (45% menjadi 85%), manajemen stok (40% menjadi 90%), pencatatan transaksi (50% menjadi 92%), strategi pemasaran digital (35% menjadi 88%), serta pengelolaan keuangan (48% menjadi 90%). Selain itu, omset penjualan juga meningkat sekitar 56% setelah penggunaan aplikasi. Dengan demikian, penerapan FashionFleet terbukti mampu meningkatkan efisiensi operasional, memperluas jangkauan pasar, dan mendukung kemandirian mitra dalam menghadapi tantangan era digital.

References

APINDO. (2025, March 16). Gubernur Lampung Ajak Apindo Dukung Pertumbuhan Ekonomi dan Pendidikan. Asosiasi Pengusaha Indonesia.

Fadhilah, M. R., Pasaribu, A. F. O., & Fernando, Y. (2023). Penerapan Barcode Scanner Pada Sistem Penjualan E-Koperasi Sekolah Berbasis Android. Journal of Artificial Intelligence and Technology Information, 1(4), 172–182.

Fadillah, S., Maemunah, M., & Hernawati, N. (2021). Pemahaman UMKM Terhadap Harga Pokok Produksi Dan Harga Pokok Penjualan. Kajian Akuntansi, 22(2), 135–147.

Fischer, H., Seidenstricker, S., Berger, T., & Holopainen, T. (2022). Artificial intelligence in B2B sales: Impact on the sales process. Artificial Intelligence and Social Computing, 28(28), 135–142.

Girfita, S. N., Siswanti, W., & Altiarika, E. (2024). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Digitalisasi UMKM Di Desa Namang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 6(1), 1716–1722.

Hamidy, F., & Yasin, I. (2024). Penerapan Metode Moving Average Dalam Penentuan Harga Pokok Penjualan Barang Berbasis Web. CHAIN: Journal of Computer Technology, Computer Engineering, and Informatics, 2(2), 67–76.

Handayani, M. A., Suwarni, E., Fernando, Y., Fitri, F., Saputra, F. E., & Candra, A. (2022). Pengelolaan Keuangan Bisnis Dan Umkm Di Desa Balairejo. Suluh Abdi, 4(1), 1–7.

Lestari, P., Darwis, D., & Damayanti, D. (2019). Komparasi Metode Ecomomic Order Quantity dan Just In Time Terhadap Efisiensi Biaya Persediaan. Jurnal Akuntansi, 7(1), 30–44.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119–130.

Oktaviani, L., Aldino, A. A., & Lestari, Y. T. (2022). Penerapan Digital Marketing Pada E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Marning. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(1), 337–369.

Paschen, J., Paschen, U., Pala, E., & Kietzmann, J. (2021). Artificial intelligence (AI) and value co-creation in B2B sales: Activities, actors and resources. Australasian Marketing Journal, 29(3), 243–251.

Priandika, A. T., & Setiawansyah, S. (2023). Digitalisasi Aplikasi Keuangan Untuk Koperasi pada Dinas UMKM Provinsi Lampung. Jurnal Abdimas Teknologi Informasi Dan Digitalisasi, 1(1), 17–23.

Ravindar, M., Ashmi, C., Gupta, S., & Gupta, M. (2022). AI: a new strategic method for marketing and sales platforms. Impact of Artificial Intelligence on Organizational Transformation, 183–199.

Sharma, K. K., Tomar, M., & Tadimarri, A. (2023). AI-driven marketing: Transforming sales processes for success in the digital age. Journal of Knowledge Learning and Science Technology ISSN: 2959-6386 (Online), 2(2), 250–260.

Suwarni, E., Astuti Handayani, M., Fernando, Y., Eko Saputra, F., Fitri, F., & Candra, A. (2022). Penerapan Sistem Pemasaran berbasis E-Commerce pada Produk Batik Tulis di Desa Balairejo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 187–192. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.570

Published
2025-09-25
How to Cite
Fernando, Y., Darwis, D., & Saputra, F. E. (2025). Penerapan Aplikasi FashionFleet Berbasis AI untuk Meningkatkan Omset Penjualan dan Pengelolaan Manajemen Usaha . Journal Social Science And Technology For Community Service, 6(2), 245-257. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v6i2.863