Peningkatan Brand Awareness Zana Brownies Melalui Pemasaran Digital Pada Platform Tiktok

  • Afnan Haris Pradana
  • Irfan Raihan Pugan
  • Angga Febrian
  • Laili Fadhila Banuwa Universitas Lampung
  • Tazkiyah Sakinah
  • Dwi Nugroho
  • Winda Kartika
Keywords: strategi pemasaran digital, umkm, tiktok, video marketing, brand awareness

Abstract

Perkembangan dunia digital berpengaruh terhadap pemasaran untuk semua jenis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). UMKM harus bisa mencari strategi yang tepat untuk dapat bersaing di dunia pemasaran digital. Peningkatan brand awareness sangat penting bagi UMKM untuk meningkatkan kesadaran akan merek dari produk mereka. Aplikasi TikTok menjadi salah satu platform yang dapat dimanfaatkan pelaku usaha untuk menjalankan strategi pemasaran digital melalui video pendek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran digital yang tepat untuk UMKM Zana Brownies. Dalam penelitian ini, diimplementasikan dua strategi, yaitu content marketing dan content personalization untuk meningkatkan brand awareness dari UMKM Zana Brownies. Hasilnya, brand awareness terhadap Zana Brownies meningkat yang ditunjukkan oleh jumlah tayangan dan suka pada platform Tiktok UMKM Zana Brownies.

References

Anjani, R. W. (2024). Implementasi Digital Marketing Dalam Mengembangkan Strategi Bisnis Digital Di Era Transformasi Digital. Interdisiplin: Journal of Quantitative and Quantitative Research, 1(1), 29-40. https://doi.org/10.61166/interdisiplin.v1i1.4

Asshidqi, A. A., & Yuliana, N. (2023). Pengaruh Tiktok Shop Terhadap UMKM Lokal. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(5), 149-156. https://doi.org/10.5281/zenodo.10280058

Chandra, E. (2023). KEKUATAN ALGORITMA DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL APLIKASI TIKTOK. Maha Widya Duta : Jurnal Penerangan Agama, Pariwisata Budaya, dan Ilmu Komunikasi, 7(2), 191-200. https://doi.org/10.55115/duta.v7i2.3860

Fatika, R. A. (2024). 10 Negara dengan pengguna TikTok terbesar, Indonesia urutan berapa? GoodSites. https://data.goodstats.id/statistic/10-negara-dengan-pengguna-tiktok-terbesar-indonesia-urutan-berapa-xFOgI?form=MG0AV3

Ginting, R., Yulistiyono, A., Rauf, A., Manullang, S. O., Siahaan, A. L. S., Kussanti, D. P., & Effendy, F. (2021). Etika Komunikasi Dalam Media Sosial: Saring Sebelum Sharing. Penerbit Insania.

Ilmu Keuangan. (2024). Kunci Sukses Bisnis Zaman Now: Cara Jitu Tingkatkan Keuntungan Lewat Dunia Digital. Ilmu Keuangan. https://www.ilmukeuangan.com/post/kunci-sukses-bisnis-zaman-now-cara-jitu-tingkatkan-keunt ungan-lewat-dunia-digital

Pandrianto, N., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Strategi Pesan Content Marketing Untuk Mempertahankan Brand Engagement. Jurnal Komunikasi, 10(2), 167-176. https://doi.org/10.24912/jk.v10i2.2619

Sabitah, Lusi Tutur Mutia, Roezaini Soefi, Rila Maufira, & Mauridha Hasan. (2023). Penyuluhan Strategi UMKM Ibu PKK Desa Pasir Penjengakan Dalam Pemasaran Produk Melalui Media Sosial. 8(1). https://doi.org/10.30596/jp.v%vi%i.15925

Saraswati, D. A., & Hastasari, C. (2020). Strategi Digital Content Marketing pada Akun Media Sosial Instagram Mojok.co dalam Mempertahankan Brand Engagement. Responses to Cultural Changing, 9(2), 114-128. https://doi.org/10.20473/bk.v9i2.22980

Utomo, I. W. (2017). PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND AWARENESS, DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY PELANGGAN ONLINE SHOPPING (Studi Kasus Karyawan Di BSI Pemuda). Jurnal Komunikasi, 8(1), 79. https://doi.org/10.31294/jkom.v8i1.2327

Published
2025-03-25
How to Cite
Pradana, A. H., Pugan, I. R., Febrian, A., Banuwa, L. F., Sakinah, T., Nugroho, D., & Kartika, W. (2025). Peningkatan Brand Awareness Zana Brownies Melalui Pemasaran Digital Pada Platform Tiktok. Journal Social Science And Technology For Community Service, 6(1), 112-118. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v6i1.91