PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SPLDV
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Aisyyah Muhammadiyah 3 Malang. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti yakni jenis penelitian pengembangan video interaktif pada pembelajaran matematika materi SPLDV. Disebabkan karena kurangnya minat dan motivasi siswa untuk belajar dan proses pembelajaran di sekolah guru masih belum memanfaatkan sepenuhnya teknologi. Model pengembangan yang dipilih oleh peneliti yakni ADDIE. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui validitas dan respon siswa pada media pembelajaran video interaktif pada pembelajaran matematika materi SPLDV. Rancangan yang digunakan oleh peneliti yakni pengembangan. Sampel penelitian terdiri dari 40 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan lembar validasi ahli media dan materi serta angket siswa. Pengembangan video pembelajaran ini menggunakan canva sebagai aplikasi yang medukung pada proses pembuatan video. Hasil penelitian didapatkan dari validasi ahli media dan materi sebesar 96% atau bisa dikatakan sangat valid dan bisa digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.
References
Adrillian, H., Mariani, S., Prabowo, A., Zaenuri, Z., & Walid, W. (2024). Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik: Systematic Literature Review. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 751–767. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i2.1444
Arjul, M., Madhakomala, R., & Rugaiyah, R. (2023). Kebijakan dan Strategi Pengembangan IPTEK dalam Pendidikan. Educational Journal of Bhayangkara, 3(1), 27–38. https://doi.org/10.31599/edukarya.v3i1.2403
Bito, N., & Masaong, Abd. K. (2023). Peran Media Pembelajaran Matematika sebagai Teknologi dan Solusi dalam Pendidikan Di Era Digitalisasi dan Disruption. Jambura Journal of Mathematics Education, 4(1), 88–97. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v4i1.17376
Djaha, D. G., Mamoh, O., & Amsikan, S. (2020). Pengembangan Bahan AjarMateri SPLDV dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik pada Siswa Kelas VIII SMPN Maubeli. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 4(1), 25–30. https://doi.org/10.32938/jipm.4.1.2019.25-30
Farid, M., & Khabibah, S. (2021). Pengembangan Role Playing Game (RPG) Berbasis Android Untuk Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. MATHEdunesa, 10(3), 470–479. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n3.p470-479
Harahap, M. S., Harahap, S. D., Nasution, S. W. R., Asriani, D., & Karolina, E. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Diskrit Berbasis Digital Qr-Code untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. 6(1).
Hayu Kumarawati, D., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Materi SPLDV Berbasis Kontekstual Berbantuan Software Geogebra untuk Siswa Kelas VIII SMP. Justek : Jurnal Sains dan Teknologi, 1(1), 126. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.417
Heuvelman, S., Lanani, K., Jalal, A., Yulianti, Y., & Samad, R. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Puisi pada Materi Bangun Datar Beraturan. Matrix: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.62522/mjpm.v1i1.5
Maria Ayu Fitri Lestari, Muchtadi Muchtadi, & Wandra Irvandi. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif pada Materi Spldv terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas X. Konstanta : Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(3), 72–84. https://doi.org/10.59581/konstanta.v1i3.964
Nurkanti, M., & Saputra, J. (2020). Pembelajaran STEM (Science Technology Engineering And Mathematics) dalam Meningkatkan Kreativitas Calon Guru Pendidikan Matematika di Era 4.0. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, volume 5. https://doi.org/10.23969/symmetry.v5i1.2410
PeranginAngin, R. B., Panjaitan, S., Hutauruk, A., Manik, E., & Tambunan, H. (2021). Arah dan Trend Penelitian Pendidikan Matematika di Jurnal Riset Pendidikan Matematika (JRPM). VYGOTSKY, 3(1), 49. https://doi.org/10.30736/voj.v3i1.340
Rahmani, A., Sampoerno, P. D., & Hakim, L. E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Of Power Two Terhadap Pemahaman Konsep dan Kecemasan Matematika ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP. 13.
Simanjuntak, F., & Christianus, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Interaktif Pada Anak SMP Menggunakan Metode 4D. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 7(1), 172–178. https://doi.org/10.31539/intecoms.v7i1.8006
Sofyan, M., & Pradipta, T. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Autoplay Media Studio 8 pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 2065–2076. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.743
Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5057
Suseno, P. U., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 59–74. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7272
Suwarnisi, N. M., Sariyasa, S., & Suparta, I. N. (2022). Pengembangan Video Interaktif Bermuatan Masalah Autentik untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 743. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4345
Syarifuddin, S., & Sartika, D. (2020). Pendidikan Berbasis STEM (Sains, Teknologi, Enggenering Dan Matematika) Dan Implikasi pada Domain Afektif. eL-Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 3(2), 139–153. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v3i2.385
Wibawa, D. M. S., Dewi, L. J. E., & Nugraha, I. N. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Powtoon Mata Pelajaran Sistem Refrigerasi Bagi Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 9(2), 89–99. https://doi.org/10.23887/jptm.v9i2.27598