PENGARUH TGT BERBANTUAN CONCEPT MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS V
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas V SD Negeri 1 Sumberagung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Teams Games Tournament (TGT) berbantuan concept mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas V SD Negeri 1 Sumberagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental desain dengan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 45 peserta didik dengan sampel sebanyak 45 peserta didik yang ditentukan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan non tes. Dari pengujian hipotesis menggunakan uji-t (independent sampel t-test) hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,037 < 0,05 maka ditolak dan diterima, artinya terdapat pengaruh Teams Games Tournament (TGT) berbantuan concept mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas V SD Negeri 1 Sumberagung.
References
Abrar, A. I. P. 2013. Belajar Dienes. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 23-32. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.52
Aisyah, N., & Firmansyah, D. 2021. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Datar Segiempat. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 403–410. https://media.neliti.com/media/publications/503200-none-c919fc5c.pdf
Arifin, F., Fadilah, Z., & Widiyanto, R. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(2), 98. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v10i2.3873
Fadillah, Z. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Sekolah Dasar (Kuasi Eksperimen di MI Pembangunan UIN Jakarta). Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(2), 98–105. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49805
Nugroho, N. T. 2024. Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Papar terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SD Kelas IV. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 16(01), 2623–2685.
Nurhikmawati, A. P., Alfan, I., & Ratnawati, E. 2024. Inovasi Pembelajaran IPS melalui Metode Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. JSPH: Jurnal Sosial Politik Humaniora, 1(2), 35-41. https://doi.org/10.59966/jsph.v1i2.1310
OCDE. (2023). 2023. Pisa 2022. In Perfiles Educativos (Vol. 46, Issue 183). https://doi.org/10.22201/iisue.24486167e.2024.183.61714
Patriani, P. N., Rustika, P., & Hidayat, R. 2024. Analisis Bibliometrik: Tren Penelitian Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika (2019-2024). ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 75–82. https://doi.org/10.24176/anargya.v7i1.12864
Poernomo, E., Kurniawati, L., & Atiqoh, K. S. N. 2021. Studi Literasi Matematis. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 3(1), 83–100. https://doi.org/10.15408/ajme.v3i1.20479
Pratama, M. A., & Pitriani, Y. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Google Meet Terhadap Motivasi Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 191–197. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.2.191-197
Putri, R. A., Gusnedi, G., Desnita, D., & Dewi, W. S. 2023. Effect of the Problem Based Learning Model With Concept Map on Physics Students Achievement. Physics Learning and Education, 1(1), 36–42. https://doi.org/10.24036/ple.v1i1.13
Radiusman, R. 2020. Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Seftian Nurmayan, E., Fadilah Malik, R., & Soleah, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Concept Mapping Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa SMP. TADRUSUUN: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 73–78. https://doi.org/10.62274/tadrusuun.v1i2.16
Setianingsih, D., & Afiani, D. A. K. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perkalian Siswa Kelas Iii Sd Muhammadiyah 8 Surabaya. ALPEN: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1).
Shofiah, N. F., Purwaningrum, J. P., & Fakhriyah, F. 2021. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Daring Dengan Aplikasi Whatsapp. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2683–2695. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.907
Sidik Priadana, D. S. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). Pascal Books.
Thahroni, & Hartati, R. 2018. Pengaruh metode SCL dipadu peta konsep terhadap pemahaman bacaan dan menulis karya ilmiah dalam era MEA. Psychopolytan (Jurnal Psikologi), 2(1), 58–64.
Usman, Herawati, H., Ramli, N., & Laksana, S. W. 2019. Cooperative Learnings. https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1900
Yohana, B. 2024. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Minat Belajar Siswa Di SMAN 12 Pekanbaru (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78773