EKSPLORASI AIR TERJUN COBAN JAHE DITINJAU DARI MATEMATIKA REALISTIK

  • Susi Indrayani Universitas Insan Budi Utomo
  • Ririn Dwi Agustin Universitas Insan Budi Utomo
  • Eka Lailatul Fitri Universitas Insan Budi Utomo
  • Ismatul Azizah Universitas Insan Budi Utomo
  • Najma Najiyah S. Universitas Insan Budi Utomo
  • Yohanes Gowi Aran Universitas Insan Budi Utomo
Keywords: matematika realistik, Coban Jahe, sudut elevasi, debit air, rasio

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan fenomena alam di Air Terjun Coban Jahe sebagai media pembelajaran matematika melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan meliputi studi literatur dan observasi lapangan sederhana. Subjek dalam penelitian ini adalah fenomena fisik di sekitar Air Terjun Coban Jahe, seperti aliran air, sudut pandang, dan objek batuan. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan langsung, pengukuran manual menggunakan alat sederhana, serta dokumentasi berupa foto dan catatan lapangan. Data dianalisis secara deskriptif dengan mengaitkan hasil observasi terhadap konsep matematika, seperti sudut elevasi, debit air, serta konsep rasio dan proporsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep-konsep tersebut dapat diintegrasikan dalam pembelajaran matematika secara kontekstual. Kegiatan mengukur sudut elevasi, menghitung kecepatan dan debit air, serta memperkirakan tinggi batuan melalui bayangan terbukti mampu menghadirkan pembelajaran yang konkret, bermakna, dan mendukung pengembangan berpikir kritis siswa. Meskipun terdapat keterbatasan alat ukur dan waktu observasi, penelitian ini menunjukkan bahwa Coban Jahe memiliki potensi besar sebagai laboratorium pembelajaran matematika di alam terbuka.

References

Aditya, N. (2024). Bukan Tentang Rempah-Rempah, Coban Jahe di Kabupaten Malang Punya Kisah Tragis. Radar

Malang.https://radarmalang.jawapos.com/berita-terbaru/815406021/bukan-tentang-rempah-rempah-coban-jahe-di-kabupaten-malang-punya-kisah-tragis

Apriyanti, E., Asrin, A., & Fauzi, A. (2023). Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1978–1986. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5940

Astuti, P. A., & Sudirman, A. (2020). Penerapan metode estimasi dalam pengukuran tidak langsung untuk pembelajaran geometri. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 8(1), 48–57.

Dewi, D. A. (2015). Matematika Hijau sebagai Salah Satu Upaya Pendidikan Karakter Berwawasan Lingkungan. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 33–38.

Heriyanto. (2018). Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatis. ANUVA, 2(3), 317–324.

Herliza, S. R., Yasmin, F. A., Zhafira, N. S., & Wardana, R. A. (2023). Metode System Literature Review Untuk Analisis Penggunaan TIK Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(2), 186–199. https://doi.org/10.55606/juisik.v3i2.499

Hidayat, R., & Prasetyo, E. (2021). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Lingkungan Alam untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 123-134.

Idham, M. (2020). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Ekowisata Pada Kawasan Taman Wisata Alam Tanjung Belimbing Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas. Jurnal Hutan Lestari, 8(3), 478–490.

Ludigdo, U. (2019). Pedoman Pendidikan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya Tahun Akademik 2019/2020.

Mangelep, N. O., & Kaunang, D. F. (2018). Pengembangan Soal Matematika Realistik Berdasarkan Kerangka Teori Program For International Students Assesment. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 455–466. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Masyita, N. S. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kebiasaan Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 30 Bulukumba. Skripsi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Nazir, M. (2014). Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Novitasari, I. (2017). Malang, The Little Africa. Majalah Pariwisata Malang Raya, Edisi 23, 12–15.

OECD. (2018). PISA 2018 results: Combined executive summaries. Retrieved from https://www.oecd.org/pisa

OECD. (2019). PISA 2018 Results Combined Executive Summaries. www.oecd.org/about/publishing/corrigenda.htm.

Prianggita, M., & Meliyawati, L. (2022). Metode system literature review untuk analisis penggunaan TIK sebagai media pembelajaran. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Komputerisasi (JUISIK), 3(2), 55–62. https://journal.sinov.id/index.php/juisik/article/view/499

Rachman, A., Yochanan, E., Samanlangi, A. I., & Purnomo, H. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (B. Ismaya, Ed.; Cetakan Pertama). Saba Jaya Publisher.

Rachman, Y., Efendi, R., Efendi, W. R., Tinggi, S., & Malang, T. (2022). Analisis Perencanaan Pembangunan Bendungan (DAM) Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro. Jurnal Ilmiah Sinteks, 2(2), 119–124.

Rahmawati, N. (2019). Pengembangan pariwisata berbasis masyarakat di Jawa Timur. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 22(2), 215–230.

Rifai, B. (2023). Matematika: Menguak rahasia keindahan alam dan kunci sukses masa depan. Retrieved from https://www.sinmat.my.id/artikel/pendidikan/matematika-menguak-rahasia-alam

Rodiyana, R., Cahyaningsih, U., & Halimah, N. (2019). Pentingnya Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar.

Sari, M. D., & Nugroho, A. (2022). Pemanfaatan Objek Wisata Alam sebagai Media Pembelajaran Matematika Kontekstual. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 28(3), 210-219.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi, U. S. (n.d.). Peran Berpikir Kreatif Dalam Proses Pembelajaran Marematika. Jurnal Formatif, 2(3), 248–262.

Suryana, D., & Nugroho, Y. (2020). Potensi ekowisata dalam pengembangan wilayah di Indonesia. Jurnal Pariwisata Nusantara, 4(1), 10–20.

Susanto, A. (2016). Teori belajar & pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana.

Sutrisno, D., & Prasetyo, E. (2020). Monitoring Debit Air pada Pipa Menggunakan Ultrasonic Flowmeter Berbasis IoT. Jurnal Tekno, 27(2), 45–52.

Syam, M. N. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Kebiasaan Belajar Siswa Kelas VIII Di Smpn 30 Bulukumba.

Ulfa, J. S. (n.d.). Peranan Guru Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Mts Mazaakhirah Baramuli Kelas VIII Pinrang.

Wijaya, A. (2017). Pendidikan matematika realistik: Suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yulianti, E., & Yulianti, L. (2022). Penerapan konteks kehidupan sehari-hari dalam pembelajaran trigonometri melalui pendekatan realistik. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8(1), 35–45

Zaenurrohman, Dewi, R. P., & Hazrina, F. (2021). Monitoring Debit Air Pada Pipa Menggunakan Ultrasonic Flowmeter Berbasis Internet of Things (IoT). TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro Dan Kejuruan, 30(2), 71. https://doi.org/10.17977/um034v30i2p71-84

Published
2025-06-16
How to Cite
Indrayani, S., Ririn Dwi Agustin, Fitri, E. L., Azizah, I., Najiyah S., N., & Aran, Y. G. (2025). EKSPLORASI AIR TERJUN COBAN JAHE DITINJAU DARI MATEMATIKA REALISTIK. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik , 6(1), 122-130. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v6i1.367