OPTIMALISASI AKURASI PENGUKURAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA: PARTIAL CREDIT MODEL

  • Sherly Ardila Putri Universitas Jambi
  • Ilham Falani Universitas Jambi
  • Gugun M. Simatupang Universitas Jambi
Keywords: accuracy, creative thinking skills, partial credit model, measurement

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya evaluasi yang akurat untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif matematis siswa. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan akurasi pengukuran keterampilan tersebut melalui pendekatan Partial Credit Model (PCM), yang merupakan bagian dari pengembangan Item Response Theory (IRT). Permasalahan yang diangkat berkaitan dengan keterbatasan Classical Test Theory (CTT), khususnya dalam menilai soal berbentuk esai. Penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto ini melibatkan seluruh siswa kelas VIII dari empat SMP Negeri di Kabupaten Muaro Jambi. Data hasil tes dianalisis menggunakan software Winstep 3.73 melalui serangkaian tahapan, yaitu uji prasyarat model, uji kecocokan model, serta estimasi parameter butir dan individu. Kesenjangan penelitian yang diidentifikasi adalah kurangnya penerapan PCM khususnya dalam pengukuran keterampilan berpikir kreatif matematis siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa instrumen memenuhi syarat validitas dan reliabilitas, dengan sebagian besar siswa menunjukkan pola jawaban yang konsisten. Tingkat keterampilan siswa berada dalam rentang -3,76 hingga 2,22 logit. Instrumen paling akurat dalam mengukur siswa dengan tingkat keterampilan sedang. Kesimpulannya, PCM merupakan pendekatan yang akurat dan informatif serta layak digunakan dalam pengukuran keterampilan berpikir kreatif matematis siswa.

References

Azizah, & Wahyuningsih, S. (2020). Use of Rasch Model for Test Instrument Analysis in Actuarial Mathematics Course. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 45–50.

Bahar, R., & Retnawati, H. (2022). Analisis Karakteristik Soal Kemampuan Koneksi Matematika Penskoran Politimus. Jurnal Tarbiyah, 29(2), 195. https://doi.org/10.30829/tar.v29i2.1650

Berlianti, D. F., Abid, A. Al, & Ruby, A. C. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif Pendekatan Ilmiah untuk Analisis Data. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 1861–1864.

Eva, E. D. K. S. (2024). Analysis of Student’S Learning Independence in Distance Learning During the Pandemic Using Rasch Model. Almarhalah | Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 44–58. https://doi.org/10.38153/almarhalah.v8i1.1

Eva, D. K. S. (2024). Analisis Pemodelan Rasch pada Assesment Pendidikan (Analisis dengan Menggunakan Winstep). PT. Pena Persada Kerta Utama.

Falani, I. (2020). Kombinasi Model Penyekoran Item responden Theory pada Tes Format Campuran. 64–85.

Falani, I., Iriyadi, D., Wardani, I. Y., Susanti, H., & Nasution, R. A. (2022). A Rasch Analysis of Perceived Stigma of Covid-19 among Nurses in Indonesia Questionnaire. Psychological Thought, 15(1), 12–28. https://doi.org/10.37708/psyct.v15i1.530

Falani, I., & Kumala, S. A. (2017). Kestabilan Estimasi Parameter Kemampuan Pada Model Logistik Item Response Theory Ditinjau Dari Panjang Tes. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(2). https://doi.org/10.30998/sap.v2i2.2028

Firdaus, A., Asikin, M., & Agoestanto, A. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif pada Model Learning Cycle 5E Ditinjau dari Metakognisi Siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(3), 382–398.

Handayani. (2020). Bab Iii Metode Penelitian. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

Keliat, B. A., Nasution, R. A., Handini, I. T., & Falani, I. (2023). Psychometric properties evaluation of the Indonesian version of the Beck Scale for Suicide Ideation (BSSI) questionnaire using a Rasch model. European Review for Medical and Pharmacological Sciences, 27(21), 10669–10677. https://doi.org/10.26355/eurrev_202311_34347

Lestari, F. A., Priatmoko, S., Susilaningsih, E., & Harjono. (2023). Chemistry in Education Pengembangan Instrumen Three Tier Diagnostic Test Berbasis Multirepresentasi untuk Menganalisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Asam Basa. Chemined, 12(2), 144–152. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined

Lestari, Y. D. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(1), 73–80. https://doi.org/10.52217/lentera.v16i1.1081

Mulvia, R., Taufik Ramlan Ramalis, & Ridwan Efendi. (2021). Mendeteksi Keajegan Butir Tes Dengan Fungsi Informasi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(01), 72–84. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i01.66

Prayoga, K. P., Suryana, D., Supriatna, M., & Budiman, N. (2024). Penggunaan Rasch Model Untuk Menganalisis Konstruk Instrumen Kontrol Diri Pada Siswa Sekolah Menengah. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 367–381. https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.4459

Purwanti, N. K. R., & Sumandya, I. W. (2019). Penerapan Partial Credit Model (PCM) dalam Mengevaluasi Tes Uraian. Jurnal EMASAINS, VIII(1), 77–85.

Sholekhah, F. M., Maharta, N., & Suana, W. (2018). Development of Higher Thinking Instrument of Newton ‘ S Laws of Motion. Journal of Physics and Science Learning, 02(1), 17–26.

Sumintono, B dan Widhiarso, W. (2014). Aplikasi Model Rasch untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Cimahi: Trim Komunikata Publishing House.

Wang WC, Wilson M. (2025) The Rasch testlet model. Appl Psychol Meas 2005; 29: 126-149.

Widiansah, K. N. (2019). Pengembangan Instrumen Asesmen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. 1–115.

Wisnu Deni Arif, Tri Rijanto, Rina Harimurti, & Yulia Fransisca. (2023). Penerapan Partial Credit Model (PCM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Perbaikan Peralatan Listrik Pada Kelas XI Titl Di SMK Negeri 1 Kediri. Jurnal Elektronika Dan Teknik Informatika Terapan ( JENTIK ), 1(3), 249–262. https://doi.org/10.59061/jentik.v1i3.405

Published
2025-06-15
How to Cite
Sherly Ardila Putri, Falani, I., & Simatupang, G. M. (2025). OPTIMALISASI AKURASI PENGUKURAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA: PARTIAL CREDIT MODEL. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik , 6(1), 113-121. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v6i1.403