STUDI LITERATUR ETNOMATEMATIKA: KONSEP MATEMATIKA DALAM KEARIFAN LOKAL BUDAYA JAWA TIMUR

  • Ade Rahma Ilmianita Universitas Insan Budi Utomo
  • Mika Ambarawati Universitas Insan Budi Utomo
Keywords: Ethnomathematics, Concept, Wisdom, Local, Culture

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi etnomatematika yaitu konsep matematika dalam kearifan lokal di Jawa Timur terhadap 10 artikel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode literatur. Proses pengumpulan data memiliki beberapa tahapan yaitu identifikasi kata kunci, seleksi literatur, analisis isi. Tahapan analisis data yang mengacu pada model analisis tematik (thematic analysis). Hasil penelitian menunjukkan konsep matematika dalam kearifan lokal di Jawa Timur yaitu Bangun Datar, Bangun Ruang, Refleksi (Pencerminan), Kekongruenan dan Kesebangunan, Geometri, Barisan, Operasi Hitung, Aljabar, Pengukuran, Sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV), Satuan Baku, Aritmatika sosial, Transformasi, Geometri fraktal. Selain itu, terdapat nilai budaya yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Temuan dalam penelitian dapat menjadi inovasi dalam pengembangan pembelajaran matematika, baik media pembelajaran, kurikulum berbasis budaya lokal, dan integrasi lainnya.

References

Adawia, A., Dinantika, T., & Susanti, E. (2020). Etnomatematika : Transaksi Jual Beli Masyarakat Madura. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami, 3(1), 244–249. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr%0AEksplorasi.

Afifah, N., & Fauzi, A. (2020). Etnomatematika dalam budaya lokal sebagai sumber belajar matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 123–132.

Alghar, M. Z., & Zulkarnain, I. (2024). Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Matematika pada Pintu Kantor Koneng Keraton Sumenep. Prosiding Mahasaraswati Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 3(1), 228–242.

Ambarawati, M., & Dwi Agustin, R. (2019). Two Dimensional Object in square and rectangles: Batik artwork approach. Journal of Physics: Conference Series, 1339(1), 1–7. doi: 10.1088/1742-6596/1339/1/012128.

Bishop, A. J. (1988). Mathematical enculturation: A cultural perspective on mathematics education. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Cahyani, D. D., & Budiarto, M. T. (2020). Etnomatematika : Eksplorasi Prasasti Peninggalan Kerajaan di Jawa Timur. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 673–689. doi: 10.31004/cendekia.v4i2.289.

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44–48.

Desi Natalia Auw, Mariana Mungkabel, & Melki Imamastri Puling Tang. (2023). Etnomatematika Melalui Inovasi Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar GMIT 034 Wolwal. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 2(3), 361–369. doi: 10.55123/abdikan.v2i3.2320

Dewi Ramawi, D. F. (2022). Etnomatematika: Keterkaitan Budaya dan Matematika. Jurnal Inovasi Edukasi, 5(2), 19–26.

Fitrani, N., Widodo, W., & Istiq, N. (2024). Eksplorasi Udeng Pacul Gowang Sebagai Sumber. Panuntut (Jurnal Budaya,Pariwisata, Dan Ekonomi Kreatif), 1(4), 192–199.

Hasan, Z., NP, A. F., Tobing, A. L., Rajasa, H. I., Nugraha, R. F., & Herpa, W. R. (2024). Peran Serta Masyarakat dalam Melestarikan Budaya Lokal sebagai Identitas Bangsa untuk Menjaga Keutuhan NKRI. Doktrin:Jurnal Dunia Ilmu Hukum Dan Politik, 2(3), 01–15. Retrieved from https://journal.widyakarya.ac.id/index.php/Doktrin-widyakarya/article/view/3158.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Pangestu, Y. A., Handayani, A. D., Nurfahrudianto, A., & Santia, I. (2025). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti PANCANAKA : INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN GAME VISUAL. 12, 278–291.

Putra, M. A., Sari, D. P., & Hidayat, R. (2021). Eksplorasi konsep etnomatematika pada rumah adat di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 26(1), 45–55.

Qomaria, N., & Wulandari, A. Y. R. (2022). Etnomatematika Madura: Keraton Sumenep sebagai Sumber Belajar Matematika. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(1), 76–89. doi: 10.31851/indiktika.v5i1.9875.

Rosa, M., & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics: The cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4(2), 32–54.

Safitri, A. W. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Budaya Lokal Indonesia Pada Rumah Adat Joglo Di Desa Dasri Kabupaten Banyuwangi. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 169–183. doi: 10.26618/sigma.v15i2.11769

Samongilailai, H. N., & Utomo, A. B. (2024). Strategi Melestarikan Budaya Indonesia di Era Modern. 4.

Susiliastini, N. K. T., & Sujana, I. W. (2022). Flipbook: Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Etnomatematika pada Muatan Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 5(2), 105–118. doi: 10.23887/jpmu.v5i2.54596.

Wahyuni, I., & Alifia, A. L. W. N. (2022). Identifikasi Etnomatematika Pada Museum Probolinggo. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 141–148. doi: 10.30872/primatika.v11i2.1136.

Wardani, G. V., & Budiarto, M. T. (2022). Etnomatematika : Konsep Matematika pada Budaya Tulungagung. MATHEdunesa, 11(1), 210–218. doi: 10.26740/mathedunesa.v11n1.p210-218.

Yudianto, E., Susanto, S., Setiawan, T. B., & Diyanah, H. (2021). Etnomatematika: Karakteristik Batik Bondowoso Di Rumah Produksi Ki Ronggo. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 563. doi: 10.24127/ajpm.v10i2.3542.

Published
2025-06-15
How to Cite
Ilmianita, A. R., & Ambarawati, M. (2025). STUDI LITERATUR ETNOMATEMATIKA: KONSEP MATEMATIKA DALAM KEARIFAN LOKAL BUDAYA JAWA TIMUR. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik , 6(1), 97-103. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v6i1.426