PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MATEMATIKA DENGAN MEDIA CANVA PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMP

  • Rara Arum Cendana Universitas Insan Budi Utomo
  • Rina Wijayanti Universitas Insan Budi Utomo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif matematika dengan media canva, e-modul yang dibuatt semenarik mungkin dan terhubung ke internet aan mengarahkan siswa untuk mengeksplor sehingga siswa dapat belajar secara mandiri sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Kegiatan pengembanngan dilakukan untuk menghasilkan e-modul interaktif pada materi aljabar. Modul yang dikembangkan menggunakan tampilan yang disusun canva. Modul ini telah di uji coba sebagai bahan perbaikan. Uji coba dilakukan dua tahap, tahap pertama melibatkan 2 validator yang berprofesi sebagai dosen dan guru. Uji coba kedua melibatkan 12 siswa di SMP Shalahuddin Malang. Model pengembangan yang dilakukan adalah ADDIE, yaitu Analysis, Design, Develompent, Implementation, Evaluation. Hasil uji coba menunjukkan bahwa modul layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar yang membantu siswa dalam proses pembelajaran. Kelebihan modul yang dikembangkan adalah (1) E-Modul disusun untuk membantu siswa memahami materi aljabar, (2) E-Modul dibuat dengan Bahasa yang mudah dipahami siswa, (3) E-Modul dilengkapi video pembelajaran, dan quiz yang bisa langsung diakses siswa, (4)E-Modul dilengkapi dengan gambar dan tampilan yang menarik dan kekinian

References

Agustin, Ririn Dwi dan Shandi Pratama. (2018). E-Modul dengan Pendekatan Saintifik Menggunakan Flip PDF Profesional pada Materi Peersegi dan Persegi Panjang. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo (E-ISSN:2774-163X)

Alfian, A. N., Putra, M. Y., Arifin, R. W., Barokah, A., Safei, A., & Julian, N. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva (Vol. 5, Issue 1). http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/Jabdimas

Eko Sutrisno. (2019). Pengembangan E-Modul Matematika Interaktif Menggunakan Visual Studio.

Farida, N., & Ratnawuri, T. (2021). Perkebangan E-Modul Interaktif berbantu Flipbook pada Mata Kuliah Statistik. Universitas Muhammadiyah Metro, 3

Fitri, A., Netriwati, N., & Andriani, S. (2021). Sigil software sebagai pengembangan e-modul pembelajaran matematika. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 7(1), 1-10.

Habibi, B. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Multimedia Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Etnomatematika In Jurnal Pendidikan Matematika: Vol. Vol. 1

Hidayati, Tri. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Suplemen History of Mathematics. Purwekerto Selatan: CV Pena Persada.

Intan Sari, R., Kurniawan, W., Rahmat Basuki, F., Studi Pendidikan Fisika, P., Jambi, U., & Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U. (2021). Pengembangan E-Modul Materi Suhu dan Kalor SMA Kelas XI Berbasis Ethnophysics.

Islahiyah, I., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2021). Pengembangan E-mmodul dengan Mode lPembelajaran Berbasis Masalah untuk MeninigkatkanKemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2107-2118.

Maniq, L., N., K., Karma, I., N., & Rosyidah, A. N. K. (2022). Pengembangan E-Modul Matematika pada Materi Peahan. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 83-88.

Maryam. (2019). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Open Ended pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII. Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung.

Ningtyas, A S., Triahyuningtyas, D., & Rahayu, S. (2020).. Pengembangan E-Modul Bangun Datar Sederahana Berbasis Problem Based Learning (PBL) menggunakan Aplikasi KVsoft Flipbook Maker untuk Siswa Kelas II Ayu. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699.

Nisa, K., Rinaldi, A., Alhaq, A., Studi Pendidikan Matematika, P., & Raden Intan Lampung, U. (2025). Heyzine Flipbook: Pengembangan E-Modul Dengan Asesmen Nasional (Vol. 7, Issue 1).

Pardede, L. V. S., L, M. N., & Darmadi, D.(2022) Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Canva pada Materi Sistem Regulasi. Biogenesis, 18(2), 132.

Rahmahani, S.E.(2022). Pengembangan E-Modul Mateatika Interaktif Berbasis Etnomatematika Lampung pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII.

Rahmatullah, R, Innana, I, & Ampa, A T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327.

Ririen, D., & Daryanes, F. (2022). Analisis Literasi Digital Mahasiswa. Research and Development Journal of Education, 8(1), 210.

Romayanti, C., Sundaryono, A., Handayani, D., & Studi Pendidikan Kimia Jurusan PMIPA FKIP, P. (2020). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 4(1), 51–58. http://ciciry.azurewebsites.net

Wardani, N. K., Kartika, E. D., & Wijayanti, R. (2024). Pengembangan E-Modul dengan Model Kooperatif Berbasis Aplikasi Canva Menggunakan Pendekatan Open-Ended Bagi Siswa SMK. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1725–1734. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3226

Widiana, W., & Jampel, N. (2016). Learning Model and Form of Assesment toward The Inferensial Statistical Achievement by Controlling Numeric Thingking Skills Keyword: Achievement Form of assessment Inferential statistical Learning model Numeric thinking skills. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 5(2), 135–147.

Published
2025-07-11
How to Cite
Cendana, R. A., & Wijayanti, R. (2025). PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MATEMATIKA DENGAN MEDIA CANVA PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMP. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik , 6(1), 198-205. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v6i1.470