PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) PADA MATERI POKOK HIMPUNAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 WERA
Abstract
Matematika adalah pembelajaran yang penting dipelajari oleh siswa disemua jenjang pendidikan karena mampu menjawab tantangan pada kemajuan teknologi. Akan tetapi matematika menjadi permasalahan yang penting diselesaikan di sekolah karena sulit dipahami oleh siswa saat belajar dan menyelesaikan soal-soal yang diberikan guru di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Adapun instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpulan data adalah tes hasil belajar matematika, lembar obervasi aktivitas siswa, dan lembar observasi aktivitas guru dengan teknis analisis deskriptif untuk mendapatkan data hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar setelah diajarkan dengan model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) adalah 88,93 berada pada kategori tinggi, pelaksanaan pembelajaran terlaksana dengan baik dengan rata-rata skor yang diperoleh sebesar 4,31 . Aktivitas belajar siswa memiliki rata-rata skor sebesar 2,85 atau berada pada kategori aktif. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) dapat diterapkan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wera.
References
Abror, M,. Apriliani, V, & Yunus, J. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition. Statmat (Jurnal Statistika Dan Matematika), 2(2), 158–166. https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/sm/article/view/5648
Anderi, Adelia, M,. & Rahmatina, D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition Pada Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Kelas Viii. Elips: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 295–301. https://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS/article/view/1448
Aulia & Khoiri. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Stad Dalam Pembelajaran Statistika Kelas V SDN Wonosunyo Ii Gempol. Differential: Journal on Mathematics Education, 1(2), 151–160. https://ojs.um-palembang.ac.id/index.php/differential/article/view/107
Fitri, S,. & Utomo, R. B. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, And Repetition Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Di Smp Pustek Serpong. Jurnal E-DuMath, 2(2), 193–201. https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/edumath/article/view/182
Geraniou, E., Jankvist, U. T., Elicer, R., Tamborg, A. L., & M., & M. (2022). Towards a definition of “mathematical digital competency for teaching.” ZDM – Mathematics Education. iscovery.ucl.ac.uk/id/eprint/10192420/
Geraniou E., J. U. . (2019). owards a definition of Bmathematical digital competency^. Educational Studies in Mathematics, 102(1), 29–45. https://pure.au.dk/portal/en/publications/towards-a-definition-of-mathematical-digital-competency
Gustriyana & Amelia, F. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran AIR Auditory (Intellectualy Repetion) Dan Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kecemasan Matematika Siswa Kelas VII MTs Batamiyah. Jurnal Pythagoras, 6(2). https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/view/959
Indriani1, E,. Isrok’atun,. & Sujana, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Pengolahan Data Melalui Model Pembelajaran Air (Auditory, Intellectual, Repetition). Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 390–401. esearchgate.net/publication/370511262_Improving_Students’_Mathematical_Communication_Skills_in_Data_Processing_Materials_through_the_AIR_Learning_Model_Auditory_Intellectual_Repetition
Irawan, D. P,. Warman, Jarmil,. Asnar,. Marwiah,. & Herliah, E. (2024). Analisis Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) pada Pembelajaran PKn Kelas XI SMA Negeri 11 Samarinda. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(4), 24–37. ile:///C:/Users/INAH/Downloads/Documents/EDUKASI+ELITA+–+Vol.+1+No.+4+Oktober+2024++hal+12-25.pdf
Jayantika, Puspitasari, & S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 13(02), 10–18. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/3606
Latumapina, L. & A. (2024). KEMAMPUAN Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Himpunan Di Kelas Vii SMP Negeri 7 Ambon. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 5(1), 57–68. file:///C:/Users/INAH/Downloads/Documents/10071-Article Text-74155-2-10-20240605.pdf
Malili. (2018). https://www.researchgate.net/publication/330539373_Deskripsi_Hasil_Belajar_Matematika_Siswa_Gaya_Kognitif_Field_Independent_dan_Field_Dependent. NARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 1–7. https://www.researchgate.net/publication/330539373_Deskripsi_Hasil_Belajar_Matematika_Siswa_Gaya_Kognitif_Field_Independent_dan_Field_Dependent
Masitah, Purwaningsih, S, & Siburian, J. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi. BIODIK. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(1). https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/19314
Mulyono, D, & Hidayati, A. N. (2020). Peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition. Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika), 2(1), 22–37. https://inomatika.unmuhbabel.ac.id/index.php/inomatika/article/view/162
Mutmainah & Baeti, N. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetion (AIR) dalam Pembelajaran Himpunan Kelas VII SMP Negeri 2 Wera. ETIC (Education and Social Science Journal), 1(5), 332–338. https://naluriedukasi.com/index.php/eticjournal/article/view/88
Nuralam & Maulidayani. (2020). Capaian Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dengan Model AIR. Numeracy, 7(1). https://ejournal.bbg.ac.id/numeracy/article/view/997
Rengkuan,. Liando, & M. (2023). Efektivitas Kinerja Pamarintah Dalam Program Reaksi Respon Realief Daerah (R3D) Di Kabupaten Minahasa. URNAL GOVERNANCE, 3(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/governance/article/view/47444
Simangunsong, A. R,. Panggabean, E. M. & I. (2023). Konektivitas Belajar Himpunan Matematika dengan Aljabar Abstrak. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran (JPPP), 4(2), 85–90. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JPPG/article/view/14892
Syarif, N. Q. (2024). Peningkatan Pemahanam Konsep Matematka Siswa melalui Penggunaan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetion (AIR). Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Dasar (JTPD), 1(2), 7–15. https://prospek.unram.ac.id/index.php/JTPD/article/view/1265