Perancangan Sistem Informasi Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Menggunakan Successive Approximation Model (SAM)
Abstract
Penelitian ini difokuskan pada pengembangan sistem informasi berbasis web untuk Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), yang dirancang guna memfasilitasi proses asesmen capaian pembelajaran dari jalur nonformal, informal, hingga pengalaman kerja, secara digital dan terintegrasi dengan efisiensi tinggi. Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan memanfaatkan model Successive Approximation Model (SAM) yang bersifat iteratif serta adaptif terhadap kebutuhan pengguna. Proses pengembangan terbagi dalam tiga fase, yaitu: Preparation Phase (analisis kebutuhan pengguna berdasarkan Permendikbudristek No. 41 Tahun 2021), Iterative Design Phase (perancangan UI/UX dan model sistem menggunakan UML dan prototipe dengan Figma), serta Iterative Development Phase (pengembangan sistem dengan framework Laravel yang dilakukan secara bertahap dari versi Alpha hingga Gold). Pengujian dilakukan menggunakan metode Black Box Testing untuk memastikan seluruh fungsi berjalan sesuai spesifikasi. Hasil menunjukkan bahwa seluruh fitur utama, seperti login, pengajuan RPL, unggah dokumen, asesmen asesor, dan rekapitulasi hasil, berfungsi dengan baik dan valid. Sistem ini memberikan manfaat nyata bagi institusi, terutama dalam meningkatkan efisiensi waktu, akurasi data, serta transparansi proses asesmen yang sebelumnya dilakukan secara manual. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode SAM efektif dalam mendukung proses pengembangan sistem informasi secara bertahap dan adaptif. UML membantu mendokumentasikan proses perancangan dengan baik, sementara framework Laravel memberikan fleksibilitas dan efisiensi dalam pengembangan. Ke depan, sistem dapat dikembangkan lebih lanjut dengan penambahan fitur analitik, integrasi sistem akademik, serta pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan untuk mendukung asesmen awal secara otomatis.
References
D. Conrad, “Accreditation and Recognition of Prior Learning in Higher Education,” Handbook of Open, Distance and Digital Education, pp. 801–817, Jan. 2023, doi: 10.1007/978-981-19-2080-6_44.
N. K. Relawati, I. A. Putu, F. Imawati, S. Kom, N. Bagus, and S. Nugraha, “Rancang bangun sistem pengajuan bimbingan rekognisi pembelajaran lampau (rpl) pada program profesi insinyur universitas udayana,” Jurnal Manajemen dan Teknologi Informasi, vol. 14, no. 2, pp. 1–9, Oct. 2024, doi: 10.59819/JMTI.V15I2.3966.
L. Ariefianto, A. Y. Sobri, and A. Sunandar, “Increasing the Existence of Courses and Training Outdoors Through the Past Learning Recognition (RPL) Mechanism to Higher Education,” International Journal Of Research And Innovation In Social Science (IJRISS)), vol. 7, no. 1, 2023, doi: 10.47772/IJRISS.2023.7101.
H. Pokorny, “Recognition of Prior Learning Translation and Transfer (RPLTT): using Actor-Network-Theory to develop a specialised pedagogy,” Assess Eval High Educ, vol. 49, no. 1, pp. 13–25, 2024, doi: 10.1080/02602938.2023.2166015.
I. G. L. P. Sumiantara, I. M. A. Pradnyana, and K. Agustini, “Pengembangan Sistem Informasi Akademik (Siak) Berbasis Web Pada Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Agama Hindu Singaraja,” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 16, no. 1, pp. 109–117, Jan. 2019, doi: 10.23887/JPTK-UNDIKSHA.V16I1.18342.
I. K. A. Asmarajaya and G. S. Mahendra, “Konservasi Wayang Kamasan dengan Permainan Jigsaw Puzzle pada Smartphone Android Menggunakan Successive Approximation Model,” Teknomatika, vol. 13, no. 02, pp. 17–27, Nov. 2023, doi: 10.61423/TEKNOMATIKA.V13I02.627.
D. A. Szabo, Use Of Digital E-learning Technologies Through The Application Of The Sam Instructional Design Model In Online Medical Education, vol. 16. Editura Universităţii din Oradea, 2022. doi: 10.30892/gss.1604-082.
G. S. Mahendra and I. K. A. Asmarajaya, “Konservasi Kidung Sekar Madya dalam Aplikasi Berbasis Android Menggunakan Successive Approximation Model,” JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), vol. 10, no. 4, pp. 542–549, Dec. 2022, doi: 10.26418/JUSTIN.V10I4.56806.
G. A. Supriatmaja et al., “Pengembangan Sistem Informasi Monitoring dan Pengarsipan Administrasi Keuangan Menggunakan Framework Laravel pada BPS Buleleng,” Infomatek, vol. 26, no. 2, pp. 239–252, Dec. 2024, doi: 10.23969/INFOMATEK.V26I2.19231.
I. Made, A. Sasmita, A. Taufik Hidayat, A. O. Gunawan, and G. Indrawan, “Evaluasi Kualitas Sistem Tracer Study INSTIKI Menggunakan Blackbox Testing,” Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 13, no. 3, Dec. 2024, doi: 10.35889/JUTISI.V13I3.2327.
N. Rachma and I. Muhlas, “Comparison Of Waterfall And Prototyping Models In Research And Development (R&D) Methods For Android-Based Learning Application Design,” Jurnal Inovatif : Inovasi Teknologi Informasi dan Informatika, vol. 5, no. 1, pp. 36–39, Aug. 2022, doi: 10.32832/INOVA-TIF.V5I1.7927.
T. Nakata, S. Chen, S. Saiki, and M. Nakamura, “A Study of Efficient Needs-Based Service Development Using Software Upcycling,” 2024 IEEE/ACIS 22nd International Conference on Software Engineering Research, Management and Applications (SERA), pp. 193–198, May 2024, doi: 10.1109/SERA61261.2024.10685626.
I. G. A. A. D. Indradewi and I. G. P. Wibawa, “Analisis dan Desain Sistem Informasi Pengajuan dan Monitoring Keuangan Kelurahan Berorientasi Obyek pada Kecamatan Denpasar Selatan,” Jurnal Krisnadana, vol. 1, no. 1, Sep. 2021, doi: 10.58982/krisnadana.v1i1.76.
K. Koga, I. M. A. Pradnyana, and I. G. M. Darmawiguna, “Pengembangan Prototipe Sistem Informasi Skripsi Universitas Pendidikan Ganesha Menggunakan Metode User Centered Design,” INSERT : Information System and Emerging Technology Journal, vol. 5, no. 1, pp. 35–51, Jun. 2024, doi: 10.23887/INSERT.V5I1.68651.
K. C. S. Murti, “UML for Embedded Systems,” in Design Principles for Embedded Systems, Singapore: Springer Singapore, 2022, pp. 119–153. doi: 10.1007/978-981-16-3293-8_5.
A. Suchenia, P. Łopata, P. Wiśniewski, and B. Stachura-Terlecka, “Towards UML representation for BPMN and DMN models,” MATEC Web of Conferences, vol. 252, p. 02007, 2019, doi: 10.1051/MATECCONF/201925202007.
T. Maulana and A. Voutama, “A Black Box Testing Dengan Teknik Equivalence Partitions Pada Website Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Karawang,” Jurnal Sistem Informasi dan Informatika (Simika), vol. 6, no. 2, pp. 112–121, Aug. 2023, doi: 10.47080/SIMIKA.V6I2.2536.
Y. Irawan, S. Muzid, N. Susanti, and R. Setiawan, “System Testing using Black Box Testing Equivalence Partitioning (Case Study at Garbage Bank Management Information System on Karya Sentosa),” Feb. 2019, doi: 10.4108/EAI.24-10-2018.2280526.
G. S. Mahendra, I. Kadek, and A. Asmarajaya, “Evaluation Using Black Box Testing and System Usability Scale in the Kidung Sekar Madya Application,” Sinkron : jurnal dan penelitian teknik informatika, vol. 6, no. 4, pp. 2292–2302, Oct. 2022, doi: 10.33395/SINKRON.V7I4.11755.
B. Dai, X. Shen, and W. Pan, “Significance Tests of Feature Relevance for a Black-Box Learner,” IEEE Trans Neural Netw Learn Syst, vol. 35, no. 2, pp. 1898–1911, Feb. 2024, doi: 10.1109/TNNLS.2022.3185742.