Strategi Pemasaran Pempek Central 19 di Era Digital: Pengaruh Inovasi Digital terhadap Preferensi Konsumen
Abstract
Pempek Central 19 adalah usaha kuliner di Lampung yang memiliki potensi besar di Pasar Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan signifikan dalam cara perusahaan memasarkan produk mereka. Pemanfaatan teknologi digital dalam pemasaran menjadi hal yang sangat penting bagi kelangsungan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran digital Pempek Central 19 dan pengaruh inovasi digital terhadap preferensi konsumen. Melalui metode pengabdian kepada masyarakat, tim pengabdian memberikan edukasi dan implementasi teknologi pemasaran digital yang inovatif untuk membantu meningkatkan daya saing usaha ini. Hasil dari pengabdian menunjukkan bahwa penggunaan platform digital yang efektif, seperti media sosial dan pemasaran online, berhasil meningkatkan interaksi dengan pelanggan serta memperluas jangkauan pasar.
References
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2020). Digital Marketing (7th ed.). Pearson.
Chandra, H. R. D., Ningrum, M. P. W., Susanti, B. D. A., Nugroho, R. H., & Ikaningtyas, M. (2024). Strategi Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Kuliner di Indonesia. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 2(3).
Gartner. (2022). Gartner’s Top Strategic Technology Trends for 2022. Gartner, Inc. Ilahi, M. N., Akbar, H. S., & Nurhaeni, N. (2023). Pemasaran Digital untuk Bisnis.
Patmawati, P., Luqman, A. S., & Ramayani, N. (2023). Peran Media Sosial Terhadap Akhlak Siswa Kelas IX di Pondok Pesantren Babussalam Desa Teluk Bakung Kecamatan Tanjung Pura. IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(4), 64–73. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v1i4.588
Suhandi, N., & Gustriansyah, R. (2021). PENGEMBANGAN BRANDING DAN PEMASARAN INDUSTRI RUMAH TANGGA PEMPEK HAPPY DI KOTA PALEMBANG. Jurnal Abdimas
Mandiri, 5(2). https://doi.org/10.36982/jam.v5i2.1824
Sujarweni, W. (2015). Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Pustaka Baru Press.
Tidd, J., & Bessant, J. (2018). Managing innovation: Integrating technological, market, and organizational change. Wiley.
Tuten, T. L., & Solomon, M. R. (2017). Social Media Marketing. Sage Publications.
Veronica, M., Febriani, R. A., & Sari, R. (2020). PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN KREASI PEMPEK BERBAHAN NASI SEBAGAI PRODUK MAKANAN KHAS KOTA
PALEMBANG. Jurnal Abdimas Mandiri, 4(1). https://doi.org/10.36982/jam.v4i1.1038 Whalley, A. (2010). Strategic Marketing. BookBon.
Copyright (c) 2025 Alifya Zahra Jaya Sironi, M Marshall Raghid D, Yuniarti Fihartini, Lis Andriyani, Aida sari, R.R. Erlina, Mudji Rachmat Ramelan, Rinaldi Bursan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.