Strategi Pemasaran Digital Bakso Na-Naz: Mengubah Pemasaran Bakso Tradisional dengan Sentuhan Modern Melalui Media Sosial

  • Deri Muharman
  • Muhammad Haris Faturrahman
  • Zainnur M Rusdi
  • Roslina
  • Habibullah Jimad
  • Yuningsih
  • Nova Mardiana

Abstrak

Bakso Na-Naz, yang didirikan pada 20 Mei 2020, merupakan UMKM yang berfokus pada produk bakso inovatif dan kreatif di pasar kuliner Indonesia. Dengan berbagai varian produk, termasuk bakso origina, bakso nanas, bakso lava, bakso mangkok, bakso selimut, bakso frozen, bakso mercon, dan keripik bakso, Bakso Na-Naz menawarkan variasi yang unik untuk menarik minat konsumen. Strategi pemasaran UMKM didasarkan pada pendekatan kualitas layanan dan inovasi produk, dengan tujuan meningkatkan pengalaman konsumen dan mendorong loyalitas. Selain itu, perusahaan terus berupaya memenuhi kebutuhan pasar yang dinamis melalui penawaran produk yang memenuhi standar rasa dan kualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan edukasi kepada pemilik Bakso Na-Naz mengenai pentingnya pemanfaatan teknologi digital dalam strategi pemasaran, agar dapat terus bersaing dan berkembang dalam industri kuliner yang dinamis. Diharapkan, dengan penerapan digital marketing yang tepat, Bakso Na-Naz dapat memperbaiki dan meningkatkan pengalaman pelanggan, serta memaksimalkan potensi penjualan mereka.

Referensi

Antari, N. N. W., & Wulandari, R. (2019). Penguatan Identitas Melalui Branding Kemasan dan Diversifikasi Produk Usaha Comel. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 3(01), 5-12.

Chandra, H. R. D., Ningrum, M. P. W., Susanti, B. D. A., Nugroho, R. H., & Ikaningtyas, M. (2024). Strategi Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Kuliner di Indonesia. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 2(3).

Diana, D. L. F., Listyorini, T., Cahyo Wibowo, B., Setiawan, R., Supriyono, S., & Nugraha, F. (2023). Peningkatan Visualisasi Produk dengan Pendampingan Mitra UMKM Kopi Tjolo Menggunakan Software Mobile Photo Editor. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 239–248. https://doi.org/10.52072/abdine.v3i2.672

Fahira, D. N., Agustina, E., & Qurhtuby, M. (2021). Digital Marketing Implementation: ImplentasiPemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Industri Di Kelurahan Tangkerang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 63-68.

Ginting, R., Yulistiyono, A., Rauf, A., Manullang, S. O., Siahaan, A. L. S., Kussanti, D. P., & Effendy, F. (2021). Etika Komunikasi Dalam Media Sosial: Saring Sebelum Sharing. Penerbit Insania.

Naylor R.W., C.P. Lamberton, P.M. West. (2012). Beyond the “like” button: the impact of mere virtual

presence on brand evaluations and purchase intentions in social media settings, J. Mark. 76. 105–120.

Rahman, W., Herdiyanti, H., Azizah, J., Asir, M., & Wijayanto, G. (2024). Eksplorasi strategi pemasaran media sosial yang sukses dalam meningkatkan interaksi merek dengan konsumen di era

digital. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5(1), 355-363.

Sifwah, M. A., Nikhal, Z. Z., Dewi, A. P., Nurcahyani, N., & Latifah, R. N. (2024). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM. MANTAP: Journal ofManagement Accounting, Tax and Production, 2(1), 109-118.

Soraya, N. C. T., & Marlena, N. (2020). Pengaruh word of mouth dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Bakso Boedjangan di Surabaya. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 5(3), 229-245.

Suseno, D. (2019). Analisis Kualitatif dan Kuantitatif Kandungan Boraks Pada Bakso Menggunakan Kertas Turmerik, FT–IR Spektrometer dan Spektrofotometer Uv-Vis. Indonesia Journal of Halal, 2(1), 1-9.

Widiastuti, I., & Mulyono, S. (2024). Optimalisasi Pemberdayaan Pelaku Umkm Desa Margaluyu Melalui Edukasi Marketing Digital. Perkumpulan Dosen Program Hibah Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.59971/jpkm.v1i1.52

Diterbitkan
2025-03-25