PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FILM ANIMASI TERINTEGRASI BUDAYA JAMBI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

  • Stella Regina Hutahaean Universitas Jambi
  • Gugun Manosor Simatupang Universitas Jambi
  • Mujahidawati Mujahidawati Universitas Jambi
  • Novferma Universitas Jambi
Keywords: pembelajaran matematika, film animasi, budaya, pemecahan masalah

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah menjadi aspek krusial dalam proses belajar matematika yang memiliki relevansi luas dalam berbagai bidang kehidupan. Keterampilan ini bukan hanya terbatas pada konteks akademik, tetapi juga memiliki peran untuk membantu individu menghadapi permasalahan hidupnya. Pemecahan masalah menuntut siswa dalam memahami permasalahan secara menyeluruh, menganalisis informasi yang tersedia, merumuskan strategi penyelesaian yang tepat, melakukan prosedur yang sesuai, serta mengevaluasi kembali solusi yang diperoleh. Oleh karenanya, kemampuan ini perlu perhatian khusus untuk dikembangkan dalam proses pembelajaran agar siswa dapat berpikir secara kritis, logis, dan tersistem ketika menyelesaikan berbagai permasalahan. Hasil observasi awal menunjukkan bahwasanya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika berada dalam kategori rendah. Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan dalam mengkaji dampak dari media pembelajaran berupa film animasi yang terintegrasi dengan budaya Jambi pada kemampuan siswa kelas XI di SMPN 10 Kota Jambi dalam memecahkan masalah matematika. Metode yang dipakai ialah kuantitatif dengan desain quasi-experimental menggunakan model non-equivalent control group pretest posttest. Materi pembelajaran yang digunakan adalah transformasi geometri (translasi dan pencerminan) yang dikemas dalam film animasi berbasis budaya lokal. Penelitian yang dilakukan memberikan hasil bahwa implementasi media film animasi untuk proses pembelajaran berpengaruh signifikan pada kemampuan pemecahan masalah siswa. Peningkatan capaian belajar ditunjukkan dari kelompok kelas eksperimen. Temuan ini menjadi bukti bahwasanya media pembelajaran berbasis animasi kearifan lokal efektif dalam meningkatkan capaian belajar siswa serta menjadikan suasana belajar matematika terasa hidup.

References

Anggraeni, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP pada Materi Lingkaran Berbentuk Soal Kontekstual ditinjau dari Gender. Jurnal Numeracy, 5(April), 19–28.

Anita, Y., Thahir, A., Komarudin, K., Suherman, S., & Rahmawati, N. D. (2021). Buku Saku Digital Berbasis STEM: Pengembangan Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 401–412. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.1004

Annisa, R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berdasarkan Gender. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 481. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3688

Darwanto, D. (2019). Hard Skills Matematik Siswa. Eksponen, 9(1), 21–27. https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i1.129

Fatma, A. D., & Partana, C. F. (2019). Pembelajaran Berbantu Aplikasi Android untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia. Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 229–236. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/issue/view/1758

Fauziah, N., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Kemampuan Matematis Pemecahan Masalah Siswa dalam Penyelesaian Soal Tipe Numerasi AKM. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3241–3250. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1471

Fitria, N. F. N., Hidayani, N., Hendriana, H., & Amelia, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP dengan Materi Segitiga dan Segiempat. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 08(01), 49–57.

Hidayat, A. (2014). Pengertian Dan Rumus Uji Saphiro Wilk - Cara Hitung.

Mahuda, I., Meilisa, R., & Nasrullah, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Berbantuan Smart Apps Creator Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1745. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3912

Pati, F. B. (2022). SKRIPSI_FARREL BAGAS PATI 028 fix (2).pdf. Universitas Jambi.

Permendikbud, 2016 NOMOR 22 TAHUN. (2016). Permendikbud NOMOR 22 TAHUN 2016.pdf (Issue August, pp. 1–15).

Safitri, W. Y., Retnawati, H., & Rofiki, I. (2020). Pengembangan film animasi aritmetika sosial berbasis ekonomi syariah untuk meningkatkan minat belajar siswa MTs. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 195–209. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34581

Siregar, R. M. R., & Dewi, I. (2022). Peran Matematika dalam Kehidupan Sosial Masyarakat. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), 77–89. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i3.1888

Siswanto, E., & Meiliasari, M. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(1), 45–59. https://doi.org/10.21009/jrpms.081.06

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Wahyudi, & Anugraheni, I. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika.

Zakiyah, M., & Noor, L. (2022). Kemampuan Awal dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science, 2(1)(214–225), 54–65. https://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/NCOINS/article/view/336/148

Published
2025-06-15
How to Cite
Hutahaean, S. R., Simatupang, G. M., Mujahidawati, M., & Novferma. (2025). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FILM ANIMASI TERINTEGRASI BUDAYA JAMBI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik , 6(1), 25-31. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v6i1.259