PENGEMBANGAN RUTE EKSPLORASI MATEMATIKA SEKOLAH BERBANTUAN APLIKASI MATCITYMAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

PENGEMBANGAN RUTE EKSPLORASI MATEMATIKA SEKOLAH BERBANTUAN APLIKASI MATCITYMAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

  • Tiwi Bismarinda UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Defina Dwi Bulan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Ainun Mardia UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Rosi Widia Asiani UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Susi Marisa UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Keywords: ADDIE, MathCityMap, Outdoor Learning, Rute Emas, Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Rute Eksplorasi Matematika Sekolah berbasis aplikasi MathCityMap untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya capaian siswa Indonesia dalam asesmen internasional seperti PISA, yang menunjukkan kurangnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual dan berpikir kritis. Sebagian besar pembelajaran matematika masih bersifat konvensional dan belum dikaitkan secara langsung dengan kehidupan nyata siswa. Inovasi dalam penelitian ini terletak pada penerapan pembelajaran berbasis eksplorasi lingkungan (outdoor learning) dengan dukungan teknologi digital berbasis lokasi. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, dan tes, dengan instrumen berupa lembar validasi ahli (materi, bahasa, media) serta angket kepraktisan dari guru dan siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa produk sangat valid (materi 97%, bahasa 97%, media 86%), sangat praktis (guru 90%, siswa 86%), dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis (peningkatan 90%). Temuan ini menunjukkan bahwa rute eksplorasi matematika berbantuan MathCityMap layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran inovatif dalam matematika berbasis konteks nyata.

References

Amaliah1, F., Dwi Bulan, D., Bestari3, H., Sulthan, U., Saifuddin, T., Bulian, J.-M., & 16 Jambi, K. M. (2024). Pengembangan E-LKPD Dengan Berbantuan Pendidkam Matematika Realistik Indonesia Berbantuan Liveworkhsheets. https://doi.org/https://doi.org/10.36815/majamath.v7i2.3449

Andi Rustandi, & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. JURNAL FASILKOM, 11(2), 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546

Barbosa, A. (2019). Math Trails: Meaningful Mathematics Outside the Classroom With Pre-Service Teachers. https://www.researchgate.net/publication/334639033

Candra Wulandari, T., Indra Riamizad Raicucu, M., Abidin, Z., Fajarianto, O., & Author, C. (2023). Math City Map: Application of Mathematics Outdoor Learning Using Mobile Application. 25(3), 487–495. https://doi.org/10.21009/JTP2001.6

Hidayat SMP Negeri, F., Jl Cihanjuang No, P., Rahayu, C., Parongpong, K., Bandung Barat, K., Nizar SMAN, M., Jl Ir Juanda Jl Dago Pojok, B. H., Coblong, K., Bandung, K., & Barat, J. (2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation And Evaluation) Dalam Pembelajaran Agama Islam.

Maheswari, G. A., Saraswati, E., & Rudhito, M. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan MathCityMap Dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Berbasis Etnomatematika Konteks Benteng Vrederburg Yogyakarta. 9(2), 187–198.

Mailah, Agung Lukito, & A Yunin Sofro. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Dan Pengukuran Siswa SMP Berdasarkan Sikapnya Terhadap Matematika.

Mardia, A., Ilma Indra Putri, R., Sriwijaya, U., & Jambi, U. (2024). Design Worksheets Math Trail To Outdoor Learning Mathematics. https://doi.org/https://doi.org/10.32672/pice.v2i1.1365

Mawardi, K., Turmuzi, M., & Azmi, S. (2022). Griya Journal of Mathematics Education and Application Volume 2 Nomor 4, Desember 2022 Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari tahapan Polya. Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 1031. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/indexGriya

Pramudita, A. F., & Rudhito, M. A. (2024). Pengembangan Aktivitas Pembelajaran Menggunakan Aplikasi MathCityMap Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 13(1), 40–57. https://doi.org/10.25273/jipm.v13i1.19726

Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D.

Sukarelawa, M. I., Pd, M., Toni, K., Indratno, M., Pd, S., Suci, M., Ayu, S., & Km, M. P. H. (2024). N-Gain vs Stacking.

Suryani, M., Heriyanti Jufri, L., Tika Artia Putri, dan, Studi Pendidikan Matematika, P., PGRI Sumatera Barat Jalan Gn Pangilun, S., Utara, P., & Barat, S. (2020). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika, 9(1), 1–12. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Wang, X. S., Perry, L. B., Malpique, A., & Ide, T. (2023). Factors predicting mathematics achievement in PISA: a systematic review. In Large-Scale Assessments in Education (Vol. 11, Issue 1). Springer. https://doi.org/10.1186/s40536-023-00174-8

Wijaya, T. T., Hidayat, W., Hermita, N., Alim, J. A., & Talib, C. A. (2024). Exploring contributing factors to PISA 2022 mathematics achievement: Insights from Indonesian teachers. Infinity Journal, 13(1), 139–156. https://doi.org/10.22460/infinity.v13i1.p139-156

Published
2025-06-26
How to Cite
Bismarinda, T., Dwi Bulan, D., Mardia, A., Asiani, R. W., & Marisa, S. (2025). PENGEMBANGAN RUTE EKSPLORASI MATEMATIKA SEKOLAH BERBANTUAN APLIKASI MATCITYMAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS: PENGEMBANGAN RUTE EKSPLORASI MATEMATIKA SEKOLAH BERBANTUAN APLIKASI MATCITYMAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS . Jurnal Ilmiah Matematika Realistik , 6(1), 147-160. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v6i1.480