PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN PENDEKATAN INQUIRY BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING
Abstract
Penelitian ini dilakukan sebagai upaya penyesuaian pendidikan terhadap perkembangan teknologi dengan membuat e-modul pembelajaran matematika yang berfokus pada materi kesebangunan menggunakan metode inquiry sebagai pendekatan dan PBL (Problem Based Learning) sebagai basinya. E-modul merupakan buku berbentuk digital yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan peningkatan minat belajar peserta didik karena memiliki tampilan yang menarik. Penggunaan metode pembelajaran inquiry dan PBL (Problem Based Learning) bertujuan sebagai sarana agar partisipasi peserta didik mengalami peningkatan ketika mengikuti kegiatan belajar mengajar, sekaligus sebagai pelatihan pemecahan masalah dengan berfikir kritis dengan bantuan berupa petunjuk, dan bimbingan dari guru selama proses penemuan tersebut berlangsung sebagai upaya dalam mengantisipasi terjadinya kebingungan yang dialami oleh peserta didik. R&D merupakan pendekatan yang dipakai pada studi ini dan ADDIE sebagai model pengembangannya. Subjek penelitian sebagai uji coba yang digunakan diambil dari peserta didik di SMP PGRI Jabung yang menduduki kelas VII. Beberapa instrumennya berupa lembar validasi para ahli, angket tanggapan peserta didik, serta soal post-test sebagai alat ukur uji keefektifan. Hasil validasi dari e-modul yang dikembangkan menunjukkan bahwa dari segi isi, struktur, dan tampilannya tergolong sangat layak. Penerapan e-modul dalam pembelajaran menunjukkan peningkatan tingkat partisipasi peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung, serta kemampuan mereka dalam menemukan solusi permasalahan secara sistematis. Dengan demikian, e-modul ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran inovatif yang mendukung penerapan pendekatan pembelajaran aktif dan bermakna.
References
Agustin, E., Rahadju, E. B., & Hidayat, T. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 107. https://doi.org/10.33087/phi.v7i2.294
Nisa, H. A., Mujib, & Putra, R. W. Y. (2020). Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. JPMR, 05(02). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Amaliah, N. W., Rismawati, E., & Hamran. (2021). Persepsi Peserta Didik Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 13 Watampone. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3, 162–170.
Bees, Y. A., Dao Samo, D., & Nubatonis, O. E. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP Angkasa Kupang Pada Materi Kesebangunan Dan Kekongruenan Berbantuan E-Book Interaktif. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 27–39.
Daniyati, A., Saputri, I. B., Wijaya, R., Septiyani, S. A., & Setiawan Usep. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(1), 282–294.
Depin, Nurwahid, H., Yohanes Sulla, F., & Barella, Y. (2024). Inquiry Learning: Pengertian, Sintaks dan Contoh Implementasi di Kelas. Indonesian Journal on Education and Learning, 1(2), 39–43.
Gunardi. (2020). Inquiry Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 2288–2294. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Habsy, B. A., Putri, A., Yusiana, E., Nadya, N., & Satria, A. F. (2024). Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Pendidikan. Jurnal Bima : Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2, 301–314. https://doi.org/10.61132/bima.v2i4.1391
Handayani, S., Mintarti, S. U., & Megasari, R. (2020). Strategi pembelajaran ekonomi: Model-model pembelajaran inovatif di era revolusi industri 4.0. Edulitera. www.literindo.id
Hasan, M., Milawati, Darodjat, & Harahap, T. K. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group.
Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Departemen Pendidikan Nasional.
Kustini, S., Syutaridho, & Zahra, A. (2022). Pengembangan Modul Elektronik Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Untuk Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pangkalpinang. Jurnal Of Education In Mathematics, Science, And Technology, 5, 056–065.
Murdilah, U., Mira, & Farhurohman, O. (2025). Implementasi Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, 1, 2025. https://doi.org/10.61132/nakula.v3i1.1452
Naffi’an, I., Handayani, A., & Rakhmawati, D. (2024). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Studi Multidisipliner, 8(6), 2118–7453.
Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara : Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1, 86–100.
Putri, L. S., Setiani, Y., & Santosa, C. A. H. F. (2023). E-Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Bermuatan Pengetahuan Budaya Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 880–890. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5002
Qur’ani, S. R., & Rahayu, W. (2023). Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika SMA/SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 5(2), 11–20. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v5i2.23082
Rachma, A. F., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2023). Penerapan Model ADDIE Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Simulasi Mengajar Keterampilan Memberikan Reinforcement. Jurnal Pendidikan West Science, 01(08), 506–516.
Ramadanti, F., Mutaqin, A., & Hendrayana, A. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis PBL (Problem Based Learning) pada Materi Penyajian Data untuk Siswa SMP. 05(03), 2733–2745.
Rohmatulloh, R., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(4), 3599. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i4.8172
Safira, S., & Muthi, I. (2024). Faktor yang Memengaruhi Minat dan Kesulitan Belajar Matematika Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(3), 220–230. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i3.3994
Saputra, E., Jamilah, & Desy Susiaty, U. (2022). Pengembangan E-Modul Etnomatematika Berbasis Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Jurrimipa, 1, 56–63.
Saragih, O., Lumban Gaol, R., Silaban, P. J., Abi, A. R., Pinem, I., Fkip, P., Katolik, U., & Thomas, S. (2025). Pengaruh Model Inqury Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Kepemimpinan Kelas Vi Sd Negeri 094142 Dolok Marawa. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10, 344–358.
Sarah Safira, & Ibnu Muthi. (2024). Faktor yang Memengaruhi Minat dan Kesulitan Belajar Matematika Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(3), 220–230. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i3.3994
Setiawan, F., Jayanti, G. D., Azhari, R., & Siregar, N. P. (2021). Analisis Kebijakan Peta Jalan Pendidikan Nasional 2020-2035. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan.
Setyaningrum, D. A., Sabil, H., Kumalasari, A., & Jambi, U. (2024). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Steam Materi Plsv Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 5(1), 117–127. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/index
Supriandi, S. (2023). Pengembangan Keterampilan Kritis dan Kreatif melalui Pendidikan Berbasis Masalah: Pendekatan Praktis di Kelas (Studi Pada Salah Satu Sekolah Dasar di Sukabumi). Jurnal Pendidikan West Science , 316–327.
Tambunan, L., & Tambunan, J. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Matematika Berbantuan Aplikasi Canva pada Materi Grafik Fungsi Eksponen dan Logaritma. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1029–1038. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2212
Tralisno, A., & Alfi, S. (2024). Efektivitas E-Modul Matematika Menggunakan Flip PDF Corporate Edition Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Multiple: Journal of Global and Multidisciplinary, 2(8), 2642–2651. https://journal.institercom-edu.org/index.php/multiple
Yulia Rosed, A., Amrullah, H., Wawan, Choirudin, & Setiawan, A. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Berbantuan Flipbook Maker Pada Materi Kubus Dan Balok Untuk Peserta Didik Mts. Emteka: Jurnal Pendidikan Matematika, 4, 328–338.
Zulfi Idayanti, & Muh. Asharif Suleman. (2024). E-Modul sebagai Bahan Ajar Mandiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 127–133. https://doi.org/10.23887/jppp.v8i1.61283