PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF DALAM PEMBELAJARAN SIFAT BANGUN DATAR KELAS IV SD

  • Alningtyas Nurita Alningtyas Nurita Universitas Negeri Jakarta
  • Yustina Suntari Universitas Negeri Jakarta
  • Chrisnaji Banindra Yudha Universitas Negeri Jakarta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat manfaat penggunaan media manipulatif tusuk gigi dan wortel untuk kelas IV dalam pembelajaran sifat-sifat bangun datar. Media manipulatif digunakan untuk memfasilitasi pemahaman siswa terhadap konsep bangun datar, seperti sisi, titik sudut, dan diagonal, melalui pendekatan praktis dan konkret. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi selama proses pembelajaran dan wawancara dengan guru kelas. Selama kegiatan, siswa secara aktif terlibat dalam membuat bangun datar menggunakan tusuk gigi dan wortel, mengukur panjang sisi, serta mendiskusikan hasil kerja mereka. Hasil observasi menunjukkan bahwa media manipulatif ini mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap karakteristik bangun datar dan memperkaya pengalaman belajar. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan dalam keterlibatan, kolaborasi, dan keterampilan sosial. Wawancara dengan guru mengungkapkan bahwa media ini efektif dalam menjelaskan konsep abstrak secara lebih nyata dan menyenangkan. Meskipun terdapat beberapa tantangan dalam hal persiapan dan kesulitan teknis penggunaan media, secara keseluruhan media manipulatif memberikan kontribusi positif dalam pembelajaran matematika. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media konkret seperti tusuk gigi dan wortel dapat menjadi alternatif pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan pemahaman konsep geometris siswa sekolah dasar.

Referensi

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyono, B. T., Karoso, S., Sugito, & Baso, R. S. (2024). Implementasi media manipulatif untuk pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika. Indonesian Journal of Learning and Instructional Innovation, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.20961/ijolii.v2i01.1303:contentReference[oaicite:3]{index=3}

Depdiknas. (2006). Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fazriyah, R., Damayanti, R., & Dwiyanto, M. (2024). Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pecahan senilai kelas IV melalui pendekatan RME dengan media manipulatif. Edutama: Jurnal Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 72–83. https://doi.org/10.69533/0v7nbt13:contentReference[oaicite:11]index=11}

Febriani, R. (2025). Pengaruh media manipulatif terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hamalik, O. (2007). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Irmayani, N. D., Niswatun, H., Munandar, A. I., & Hidayati, D. (2024). Efektivitas penggunaan media manipulatif melalui pendekatan RME untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa SD/MI. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 2(4). https://doi.org/10.59024/atmosfer.v2i4.1114:contentReference[oaicite:19]{index=19

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications. https://doi.org/10.4135/9781412986274

Mulyasa, E. (2009). Meningkatkan profesionalisme guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nenengkhoirunisa, D., Untari, M. F. A., & Sanjaya, D. (2024). Pengaruh penggunaan alat peraga manipulatif terhadap hasil belajar matematika kelas 2 SDN Sawah Besar 01 Semarang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 15009. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i2.15009:contentReference[oaicite:7]{index=7}

Ruseffendi, E. R. (2006). Pengantar pendidikan matematika. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2011). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sucahyo, I. R., Ai, K., Syaifudin, M., ’Aini, E. P. N., Ayu, M. R., Ardianto, R. B., … Insani, N. (2024). Penerapan media manipulatif dalam pengajaran matematika untuk mendukung pendidikan berkualitas pada MI Anbaul Ulum, Pakis Malang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 47287–47297. Retrieved from http://jptam.org/index.php/jptam/article/view/23025:contentReference[oaicite:15]{index=15}

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, & Asep, A. S. (2010). Strategi pembelajaran abad 21. Jakarta: Kencana.

Tilaar, H. A. R. (2002). Manajemen pendidikan nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. (2010). Model pembelajaran terpadu: Konsep, strategi, dan implementasi. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yunus, M. (2018). Psikologi pendidikan: Teori dan praktik. Bandung: Alfabeta.

Diterbitkan
2025-06-15