PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “ARBORETUM BANGRU SIDA” BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Abstrak
Studi ini bermaksud guna mengembangkan media pembelajaran berjudul “Arboretum Bangru Sida” (Taman Ilmiah Bangun Ruang Sisi Datar) dengan strategi pendekatan Problem Based Learning (PBL) yang ditujukan untuk pelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Studi ini memanfaatkan metodologi riset serta pengembangan atau yang disebut dengan research and development berlandaskan paradigma ADDIE yang meliputi lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pengembangan media melibatkan pembuatan konten yang selaras beserta pendekatan PBL sehingga mampu mendorong siswa untuk dapat memecahkan masalah kontekstual. Hasil validasi media oleh dua validator menggambarkan instrumen ini valid beserta skor rata-rata 3,69 dari skala 4 dan persentase validitas 92,19%. Uji coba kepraktisan media pada beberapa siswa menunjukkan respons positif dengan skor rata-rata 3,45 yang menandakan bahwa media ini menarik dan mudah untuk digunakan. Siswa menjadi lebih termotivasi dan mampu berpikir kritis saat menggunakan media ini dalam proses pembelajaran. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu media pembelajaran interaktif “Arboretum Bangru Sida” berbasis PBL terbukti efektif dalam membantu siswa memahami konsep materi bangun ruang sisi datar. Media ini tidak hanya valid dan praktis, namun juga mampu mendorong siswa untuk berpikir kritis dan menyelesaikan masalah matematika dengan berbagai tingkat kesulitan. Oleh sebab itu, pengintegrasian pendekatan PBL melalui media interaktif dapat menjadi solusi efektif untuk pembelajaran matematika di tingkat SMP.
Referensi
Alvionita, E. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Guided Discovery Learning pada Materi Barisan dan Deret untuk Siswa Kelas X SMA. Aksiomatik, 7(1), 48-55.
Damayanti, P. A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Powerpoint pada Materi Kerucut. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 119-124.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran: Perannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran.
Dewi, O. A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Canva Pada Materi Lingkaran. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 162-169.
Dolman, D. H. (2016). Deep and surface learning in problem-based learning: are view of the literature. Advances in Health Sciences Education, 21(5), 1087-1112.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Primary, 7(1), 40-47.
Hapsari, G. P. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.
Harsiwi, U. B. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104-1113.
Kamali, M. &. (2023). Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Islam. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 7(1), 1-9.
Loyens, S. M.-D. (2020). Problem-based learning. In Oxford Research Encyclopedia of Education. Oxvord University Press.
Masykur, R. N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 17-31.
Nirmalasari, S. &. (2023). enerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMAN 1 Cigugur. ICT Learning, 7(2).
Noer, S. H. (2018). Efektivitas Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Representasi Matematis. JPPM, 11(2), 17-31.
Nurainun. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif menggunakan Smart Apps Creator 3 pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP. Skripsi.
Rahayu, S. R. (2021). Peserta Didik Aktif dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES). Conference Series, 4(5), 2024-2029.
Savery, J. R. (2015). Overview of problem-based learning: Definitions and distinctions. Essential readings in problem-based learning: Exploring and extending the legacy of Howard S. Barrows, 9(2), 5-15.
Sudaryono. (2017). MetodoIogi Penelitian. Depok : PT. Raja Grafindo Persada.
Sundary, S. R. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dengan Metode Eliminasi di SMP Negeri 4 Pangalengan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(4), 1071-1078.
Susanti, Y. (2020). Penggunaan Strategi Murder dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar, 2(2), 180-191.
Trahati, M. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar N Tritih Wetan 05 Jeruklegi Cilacap. Universitas Negeri Yogyakarta.
Zamani, A. Z. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains,, 4(1), 89-100.