STUDI LITERATUR PENYUSUNAN INSTRUMEN TES BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK: EVALUASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji berbagai publikasi yang membahas pengembangan instrumen penilaian berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dalam rangka mengukur kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah. Latar belakang penelitian ini menekankan pentingnya menghubungkan permasalahan matematika dengan situasi dunia nyata agar siswa dapat memahami nilai dan relevansi konsep yang dipelajari. Metode yang digunakan berupa tinjauan literatur, dengan menganalisis berbagai sumber seperti jurnal, buku, dan laporan penelitian yang diterbitkan antara tahun 2020 hingga 2024, yang relevan dengan pengembangan perangkat tes berbasis PMR. Penelitian ini merangkum berbagai komponen penting yang perlu dipertimbangkan dalam penyusunan instrumen tes PMR, serta mendiskusikan manfaat dan tantangan penerapannya dalam pembelajaran matematika. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa instrumen penilaian berbasis PMR mampu mengevaluasi keterampilan pemecahan masalah siswa secara lebih kontekstual dan aplikatif, sehingga membantu siswa mengaitkan matematika dengan situasi dalam kehidupan nyata. Secara praktis, kajian ini memberikan wawasan yang dapat digunakan untuk penyusunan instrumen tes berbasis PMR di masa mendatang, serta penerapan pendekatan ini dalam evaluasi pembelajaran matematika. Rekomendasi dari hasil kajian ini berfokus pada pentingnya penyusunan instrumen tes yang relevan dan kontekstual, serta tantangan yang perlu diperhatikan dalam penerapannya.
Referensi
Afsari, S., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika Systematic Literature Review: The Effectiveness Of Realistic Mathematics Education Approach In Mathematics Learning. Indonesia Journal of Intellectual Publication, 1(3).
Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3). https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117
Agusta, E. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.15408/ajme.v2i2.17819
Aisyah, A. S. N., & Madio, S. S. (2021). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Pendekatan Konstekstual dan Matematika Realistik. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2). https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1268
Andry B, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Inklusif: Menciptakan Lingkungan Belajar yang Ramah Bagi Semua Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Psikologi, 1(1). https://doi.org/10.61397/jkpp.v1i1.10
Apriyanti, E., Asrin, A., & Fauzi, A. (2023). Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5940
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Arta, I. M., Japa, I. G. N., & Sudarma, I. K. (2020). Problem Based Learning Berbantuan Icebreaker Berpengaruh Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2).
Chairunisa, N., Chasanatun, T. W., & Laksana, M. S. D. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) terhadap hasil belajar matematika kelas V SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3.
Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah bersama di era digital : pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7.
Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya, 12(1), 61–69. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69
Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1). https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601
Dawa, R. S., Bunga, Y. N., & Bare, Y. (2021). Pengembangan LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem pencernaan di SMAS Katolik St. Gabriel. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8).
Dosinaeng, W. B. N., Leton, S. I., Lakapu, M., Uskono, I. V., & Jagom, Y. O. (2021). Pendalaman Konsep Matematis bagi Guru-Guru SD-SMA se-Kecamatan Halilulik. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(1). https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i1.4121
Fahrudin, F., Ansari, A., & Ichsan, A. S. (2021). Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam. Hikmah, 18(1). https://doi.org/10.53802/hikmah.v18i1.101
Heldawati, H., Yulianti, D., & Nurhanurawati, N. (2023). Pengembangan E-Modul Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2). https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.6461
Mardiah, M., Fauzan, A., Fitria, Y., Syarifuddin, H., F, F., & Desyandri, D. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education terhadap Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.340
Mariani, D., & Dewi, U. (2025). Pengaruh Model Problem Based Flipped Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 8, 1492–1497. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6885
Mauk, A. F., Amsikan, S., & Deda, Y. N. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika Realistik di Tinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 4(1). https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss1pp14-20
Muslihah, N. N., & Suryaningrat, E. F. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3). https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1445
Mustafa, M. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 2 Bangko Pusako. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 3(1). https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i1.11571
Nababan, Damayanti, C. A. S. (2023). Pemahaman Model Pembelajaran Kontekstual dalam Model Pembelajaran (CTL. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(5).
Nurbaiti, & Theresia, M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika SD Materi Bangun Ruang Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR). Jurnal Education and Development, 8(4).
Nurlita, A., & Jailani, J. (2023). PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOLABORASI SISWA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1). https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6436
Nursyamsi, T., Baharullah, B., & Quraisy, H. (2022). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Literasi Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VI SD. Jurnal Handayani, 13(2). https://doi.org/10.24114/jh.v13i2.29757
Nuzula, N. F., & Sudibyo, E. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Jurnal : Pendidikan Sains, 10(3).
Purba, G. F. (2022). Implementasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada konsep Merdeka Belajar. Sepren, 4(01). https://doi.org/10.36655/sepren.v4i01.732
Puspitasari, R. Y., & Airlanda, G. S. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.878
Rahmi, F., Iltavia, I., & Zarista, R. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Berorientasi Matematika Realistik untuk Membangun Pemahaman Relasional pada Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.673
Ramdana Siling, A., Sridana, N., Kurniati, N., & Sripatmi. (2022). Pengaruh penerapan pembelajaran matematika realistik (pmr) berbantuan whatsapp terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas vii smp negeri 13 mataram tahun pelajaran 2021/2022. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(3). https://doi.org/10.29303/griya.v2i3.220
Ristontowi, R., & Riwayati, S. (2020). Pengembangan Soal Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i1.4931
Rona Adelina Suwandani, I Nyoman Karma, L. H. A. (2020). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Guru dalam Melaksanakan Penilaian Autentik di SDN Gugus I Kecamatan Janapria. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia (JIPI), 2(1).
Safnowandi, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Literasi Sains Siswa. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1). https://doi.org/10.32938/jbe.v6i1.831
Sappaile, B. I., Putro, A. N. S., Ahmad, S. N., Artayani, M., Zahir, L. A., & Andilah, S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Penanaman Konsep Matematika pada Siswa Sekolah Menengah. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3). https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.3155
Sari, A. F., & Noviartati, K. (2022). Penggunaan Konteks dalam Implementasi Pendidikan Matematika Realistik Indonesia oleh Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education), 5(2). https://doi.org/10.31539/judika.v5i2.4616
Shoffa, S. (2022). Meta Analisis Pendekatan Realistic Mathematic Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Vygotsky, 4(2). https://doi.org/10.30736/voj.v4i2.571
Siregar, N. F. (2021). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.635
Sofie, D. A., Pambudi, D. S., Fatekurohman, M., Lestari, N. D. S., & Kurniati, D. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Rme Berbasis LSLC. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3). https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.6432
Solehah, H., & Setiawan, D. (2023). Kurikulum Merdeka dan Penilaian Pembelajaran Matematika dalam Membangun Generasi Matematika yang Kompeten ( Studi Literatur ). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3).
Sudi, W., Jafar, J., Kadir, K., & Salim, S. (2022). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Literasi Matematika Siswa. Jurnal Amal Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.36709/japend.v3i2.28874
Syarifah Mardiah, Nuraini, & Nur Azmi. (2023). Pengembangan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Aceh. Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education, 3(2). https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v3i2.1128
Tania, H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Kelas Vii Smp Negeri 9 Pematangsiantar. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 8(2). https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3367
Ulpa, F., Marifah, S., Maharani, S. A., & Ratnaningsih, N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Teori Nolting. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2). https://doi.org/10.21580/square.2021.3.2.8651
Unonongo, P., Ismail, S., & Usman, K. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas IX. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10591
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1).
Yasinta, P., Meirista, E., & Rahman Taufik, A. (2020). Studi Literatur: Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL). Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 2(2). https://doi.org/10.30822/asimtot.v2i2.769
Zulmaulida, R., & Saputra, E. (2024). Ontologi Matematika. JUMPER: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 3(1). https://doi.org/10.56921/jumper.v3i1.179