ANALISIS KETERAMPILAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL MENGGUNAKAN TEKNOLOGI DESMOS

  • Saminatus zuhriyah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Endah Tri Wisudaningsih Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Athar Zaif Zairozie Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dengan bantuan media Desmos. Keterampilan komunikasi matematis sangat penting dimiliki siswa abad 21 untuk dapat menyampaikan ide dan pemikiran matematis secara tertulis maupun visual. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Populasi dari penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII MTs Zainul Anwar. Teknik pengumpulan data dilakukan Observasi, Dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan terdiri dari kredibilitas, Transferbilitas, Dependebility dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan media Desmos mampu memvisualisasikan penyelesaian SPLDV secara lebih jelas dan terstruktur. Beberapa siswa dapat mengungkapkan gagasan, menginterpretasikan grafik, dan menyimpulkan jawaban dengan baik melalui bantuan teknologi ini. Penggunaan Desmos juga terbukti mendukung peningkatan kemampuan representasi dan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran yang lebih bermakna dan interaktif.

Referensi

Abdullah, M. (2022). Lembaga Pendidikan Sebagai Suatu Sistem Sosial (Studi Tentang Peran Lembaga Pendidikan di Indonesia Dalam Perspektif Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional). Mamba’ul ’Ulum.

Alfan Rosidi, A., -Universitas Islam Zainul Hasan Genggong, dkk, Nimah, M., Rahayu, E., Studi Tadris Matematika, P., Tadris Umum, F., Islam Zainul Hasan Genggong, U., Probolinggo, K., & Jawa Timur, P. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2).

Cahyaningrum, I. Y., Fuady, A., & Faradiba, S. S. (2023). Karakterisasi Representasi Matematis Visual dan Simbolik Siswa Kelas IX pada Materi Transformasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3).

Elindra, R., Yanti Siregar, E., Sahrona, M., Mipa, F., Pendidikan, I., & Selatan, T. (2023). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Mathematic Education Journal)MathEdu, 6(2).

Hidayatillah, W., Ningsih, E. T. W., & Pratama, L. D. (2022). Kepraktisan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Sites Berorientasi Pada Hasil Belajar Dan Minat Belajar Siswa. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1).

Hikmah, S. N., & Vioreza, N. (2023). Penerapan Model Inkuiri pada Materi Operasi Hitung Pecahan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar. EUREKA: Journal of Educational Research and Practice, 1(1).

La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2).

Marziah, A., & Pd14, M. (2023). Pengaruh Penerapan Pendekatan Chemo-Entrepreneurship (CEP) Terhadap Aktivitas Belajar dan Minat Peserta Didik dalam Berwirausaha pada Materi Laju …. In ILMU Pengetahuan Dan Pedagogi Dalam ….

Mustaqim, I. (2020). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Proceedings - 2010 IEEE Region 8 International Conference on Computational Technologies in Electrical and Electronics Engineering, SIBIRCON-2010, 13(2), 728–732.

Nasikhah, J., Zairozie, Z., & Djeni, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Smart Book Berbantuan Book Creator Tingkat Smp Ditinjau Dari Segi Kevalidan. Mathematic Education Journal)MathEdu, 5(2).

Nurhayati, I., Satum, K., Pramono, E., Farida, A., & Purwokerto, U. M. (2024). Keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication and Collaboration) dalam Pembelajaran. 8(1), 44–53.

Oktarina, C., & Zainul, R. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Content Berbasis Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Moodle pada Materi Hukum Dasar Kimia. PAKAR Pendidikan, 22(1).

Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3).

Pratama, L. D., Lestari, W., & Astutik, I. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Edutainment Di Tengah Pandemi Covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2).

Rahmawati, N. S., Bernard, M., & Akbar, P. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smk Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Journal On Education, 1(2).

Ramadhan, S. (2023). Penggunaan Teknologi Untuk Mengembangkan Literasi Matematika Peserta Didik Pada Kurikulum MerdekA. 12(3), 3231–3245.

Ramadhan, S., & Setyaningrum, W. (2024). Analysis of Mathematical Communication Skills Vocational School Stu- dents Assisted Desmos in Solving Mathematics of Finance Faculty of Mathematics and Natural Science , Universitas Negeri Yogyakarta. 15(1), 234–247.

Rudi, M., Wahab, A. A., & Waluyo, E. (2023). Pewarnaan Graceful Pada Graf Hasil Operasi Comb Graf Siklus Dan Graf Star. Kadikma, 14(1).

Sarumaha, K. S., Sarumaha, R., & Gee, E. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Spldv Di Kelasviii Smpn 3 Maniamolo Tahun Pembelajaran 2020/2021. AFORE : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–14.

Suratno, J., Jalal, A., & Bakar, M. T. (2022). Komunikasi Matematis: Jenis, Standar, Peranan, Pengembangan, dan Keefektifannya. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(2).

Wanda, P. (2024). Membangun Jaringan Komunikasi Efektif dalam Organisasi : Analisis. 7, 15961–15969.

Winarsih, K. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas Vi Sd Negeri 1 Wonokromo. 2(1), 16–23.

Wulandari, A. A., & Astutiningtyas, E. L. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dalam pembelajaran relasi rekurensi. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1).

Zakiah, N. E., Fatimah, A. T., & Sunaryo, Y. (2020). Implementasi Project-Based Learning Untuk Mengeksplorasi Kreativitas Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2).

Zamzam, K. F. (2022). Model Berpikir Kreatif Guru Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi Dan Non Teknologi. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 8(2).

Diterbitkan
2025-06-15