URGENSI MEDIA AUGMENTED REALITY PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA : STUDI LITERASI
Abstrak
Beberapa tahun terakhir Augmented Reality menjadi tren penelitian. Namun penelitian AR dibidang pembelejaran matematika masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemanfataan dan pengembangan AR pada pembelajaran matematika. Metode penelitian menggunakan System Literature Review (SLR). Data kajian artikel yang relevan mulai tahun 2020-2025. Penyeleksian dan analisis berdasarkan pada QA (Question Assesment). Hasil penelitian terdapat 15 artikel jurnal yg terseleksi dan dikaji. Berdasarkan referensi disimpulkan banyak penelitian menyatakan pemanfaatan dan pengembangan media AR memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar, minat, motivasi, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan numerasi dan literasi. AR diharap menjadi media pembelajaran yang dapat menjembatani penyampaian sumber belajar. Terutama dalam pelajaran matematika, AR sangat penting membantu siswa untuk memproyeksikan materi abstrak menjadi konkreat dalam lingkungan nyata.
Referensi
Al-Maroof, R. S., Salloum, S. A., Hassanien, A. E., & Shaalan, K. (2020). Fear from COVID-19 and Technology Adoption: the Impact of Google Meet During Coronavirus Pandemic. Interactive Learning Environments, 1-16.
Ambarita, Z. T., Sinuhaji, R. D. B., Hasibuan, A. L., & Simanullang, M. C. (2025). Penggunaan Augmented Reality untuk Meningkatan Pemahaman Mahasiswa pada Materi Sifat Kelengkapan Bilangan Real (R). Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 5(1), 110–123. https://doi.org/10.51574/kognitif.v5i1.2786
Angga, hidayat. Basmalah, Lia. 2022. Augmented Reality Pada Smartphone untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Mengurangi Kecemasan Matematika. Fars Int J Edu Soc Sci Hum 1(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.7043045
Anugrah & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 213– 225.
Ashari, D. (2023). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Khazanah Pendidikan-Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 176-185.
Dutta, R., Mantri, A., & Singh, G. (2022). Evaluating System Usability Of Mobile Augmented Reality Application For Teaching Karnaugh-Maps. Smart Learning Environments, 9(1), 1–27.
Fahlevi, R., Yuniani, Anik. (2021). Pengembangan Game Edukasi Cermat berbasis Android untuk meningkatkan Keterampilan Problem Solving Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Geometri. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 4(5), 1991-1204. DOI 10.22460/jpmi.v4i5.1191-1204
Fricticarani, A., Hayati, A., R, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi Pendidikan untuk Sukses di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56-68.
Hariyani, Maulidia et al. 2024. Penerapan Media Pembelajaran Augmented Reality dalam Pembelajaran Matematika Guna Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Vol 7 (2024): 359-367
Hussein, H. A. A. (2022). Integrating Augmented Reality Technologies Into Architectural Education: Application to the Course Of Landscape Design At Port Said University. Smart and Sustainable Built Environment, 15(4), 1–21.
Hsiao, H.-S., & Chang, C.-S. (2016). Weather Observers: A Manipulative Augmented Reality System for Weather Simulations at Home, In The Classroom, And At A Museum. Interactive Learning Environments, 24(1), 205–223.
Ismail, R. (2018). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Berbasis Proyek dan Pembelajaran Berbasis Masalah ditinjau dari Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 181–188. https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.23595
Lailia, Helmi (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII Pokok Bahasan Teorema Phytagoras di Mts Negeri 6 Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Manikam, R. Maat, Siti M. 2023. Systematic Literature Review : The Trend Of Augmented Reality In Mathematics Teaching And Learning). Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH) (e-ISSN : 2504-8562) 2023, Volume 8, Issue 1, e002046 DOI: https://doi.org/10.47405/mjssh.v8i1.2046
Mohamad Rodzi, N. S., Mohd Osman Jailani, N., Mohd Saupi, M. A., & Jofri, M. H. (2022). ARCulia: Perkembangan Reality Augmented (AR) untuk Memudahkan Kanak-kanak Diskalkulia Mempelajari Konsep Matematik dan Pengiraan . Multidisciplinary Applied Research and Innovation, 3(2), 59-65. https://publisher.uthm.edu.my/periodicals/index.php/mari/article/view/3460
Molnár, G., Szűts, Z., & Biró, K. (2018). Use of augmented reality in learning. Acta Polytechnica Hungarica, 15(5), 209-222.
Nisrina, K. (2021). Penerapan augmented reality dalam media pembelajaran. Jurnal Sistem Informasi, J-SIKA, 3(1), 1-6
Nova, Hidayah S. Widodo, A,P. 2022. Analisis Metode Agile pada Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: Systematic Literature Review. Sekolah Pasca Sarjana, Program Studi Magister Sistem Informasi, Universitas Diponegoro. Techno.COM, Vol. 21, No. 1: 139-148
Nurhayanti, H., Hendar, H., & Wulandari, W. (2021). Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Mengenai Pengenalan Konsep Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dengan Menggunakan Media Dakon Bilangan. Jurnal Tahsinia, 2(2), 180–189. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.304
Nurhasanah, N. (2025, March 10). Transformasi Pembelajaran Matematika dengan Kalibataku Di SDN 07 Kumbe : Inovasi Augmented Reality Untuk Peningkatan Numerasi. Fashluna, 6(1), 1-11. https://doi.org/https://doi.org/10.47625/fashluna.v6i1.815
Rachmawati, et al. 2020. Pengembangan Eksplorasi MAR (Matematika Augmented Reality) dengan Penguatan Karakter pada Materi Bangun Ruang Sekolah Dasar. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 9 No.2.
Ripadli, M. Erpansyah, E. 2024. Penerapan Teknologi Augmented Reality dalam Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Edumatnesia: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.
Umam, Khoerul et al. 2024. Augmented Reality dan Artificial Intelegence untuk Pemeblajaran dalam Persepektif Guru Matematika. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 4, nomor 2, 2024, hal. 273-279. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i2.595
Sari, F., Suhaidi, M., & Febrina, W. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Sempoa Berbasis Teknologi Informasi. 01(01), 14–19.
Siswondo, R., & Agustina, L. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 33–40. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3155
Skobelev, D. S. P. O., &Borovik, D. S. S. Y. (2017). On The Way From Industry 4.0 To Industry 5.0: from Digital Manufacturing to Digital Society. International ScientificJournal Industry 4.0, 2(6), 307-311.
Suhartono, E. (2017). Systematic Literatur Review (SLR): Metode, Manfaat, Dan Tantangan Learning Analytics Dengan Metode Data Mining di Dunia Pendidikan Tinggi. Infokam, 13(1), 73-86.
Wasi, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbantuan Software Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri KelasXI SMA. 1(12), 1897–1906.
Yuyun Ariyanto, Muhammad Akhyar, D. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas(SMA). 2(2), 145–157.
Zayyadi, M. (2018). Pemanfaatan Teknologi Komputer sebagai Media Pembelajaran pada Guru. December 2017. https://doi.org/10.35334/jpmb.v1i2.298