PENGEMBANGAN APLIKASI STATMIND: MEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

  • Nur Yuliany Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Putri Aisyah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Hejeriani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Nurul Rezky Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Alif Ubaidillah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Abstrak

Media pembelajaran interaktif adalah salah satu cara untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa tentang statistika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat StatMind, media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash, yang akan meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa matematika kelas VIII tentang materi statistika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) yang menggunakan 4D (define, design, development, and disseminate). Selain pre-test dan post-test, lembar validasi dan angket respons siswa menunjukkan bahwa materi dan media memenuhi kriteria "Sangat Baik" dan "Baik". Respon siswa terhadap aplikasi juga sangat positif; ada peningkatan hasil belajar yang signifikan, yang ditunjukkan oleh kenaikan persentase ketuntasan dari 52,0% menjadi 80,5% dan kenaikan rata-rata nilai dari 52,0 menjadi 80,5. Hasil ini menunjukkan bahwa aplikasi StatMind dapat digunakan dengan efektif sebagai alat pembelajaran untuk meningkatkan motivasi siswa dan hasil belajar mereka dalam matematika.

Referensi

Afifah, Maghfirah, and Yanti Fitria. 2024. “Students ’ Conceptual Understanding in Science Subjects Using the Macromedia Flash 8 Application with The Instructional Games Model.” 57: 542–50.
Antula, Nur Savira, Abd Aziz Bouty, Sitti Suhada, and Lanto Ningrayati Amali. 2024. “Pengembangan Media Animasi Kartun Berbasis Model 4D Untuk Meningkatkan Pemahaman Algoritma Pengurutan.” 6(2): 121–34. doi:10.37905/jji.
Ari Sriantini, Dedy Kristiawan. 2022. “DEVELOPMENT OF BUSINESS MATHEMATICS LEARNING MEDIA BASED ON MACROMEDIA FLASH.” Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 8 N.
Handayani, Risma, and Rora Rizki Wandini. 2020. “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika.”
Hapsari, Gita Permata Puspita, and Zulherman Zulherman. 2021. “Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Basicedu 5(4): 2384–94. doi:10.31004/basicedu.v5i4.1237.
Krisma, Widi Wardani, and Danang Setyadi. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Luas Dan Keliling Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Development of Macromedia Flash-Based Mathematics Learning Media for Area and Circumference Material to Increase Studen.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 10(1): 73–84.
Kurniawan, Dydik, Yeni Astuti, and Tri Wahyuningsih. 2020. “Pengembangan Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Media Dalam Matematika Kelas X Keperawatan Di SMK Sekolah Samarinda.” Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JELMaR) 1(2): 22–30.
Kusuma, Rahmat Diyanto Fitri Dwi, Sri Purwanti Nasution, and Bambang Sri Anggoro. 2018. “Multimedia Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Komputer.” Desimal: Jurnal Matematika 1(2): 191. doi:10.24042/djm.v1i2.2557.
Mattoliang, Lisnasari Andi, Ahmad Farham Majid, Rezkianti Hasan, Baharuddin Baharuddin, and Fitriani Nur. 2022. “Development of Elementary Linear Algebra Learning Video Media in Islamic Context.” Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 13(1): 67–77. doi:10.15294/kreano.v13i1.32954.
Muslimah, Nur, Haeruddin Haeruddin, and Petrus Fendiyanto. 2024. “Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kembang Janggut.” PHI: Jurnal Pendidikan Matematika 8(1): 187. doi:10.33087/phi.v8i1.376.
Natasya Nurul Lathifa, Khairil Anisa, Sri Handayani, and Gusmaneli Gusmaneli. 2024. “Strategi Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan 4(2): 69–81. doi:10.55606/cendikia.v4i2.2869.
Nurhasanah, E. 2023. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sejarah Perkembangan Islam Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Enung.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(3), 3155–3159. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1960.
Okpatrioka Okpatrioka. 2023. “Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan.” Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya 1(1): 86–100. doi:10.47861/jdan.v1i1.154.
Riani Johan, Jasmine, Tuti Iriani, and Arris Maulana. 2023. “Penerapan Model Four-D Dalam Pengembangan Media Video Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil Dan Perorangan.” Jurnal Pendidikan West Science 01(06): 372–78.
Sari, D. R., & Bernard, M. 2020. “Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Materi Statistika Di Bandung Barat.” Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 223. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1060.
Sari, Lisma Dian Kartika, Maswar Maswar, Ida Fitriana Ambarsari, and Nur Hasanah. 2023. “Macromedia Flash-Based Learning Media and Learning Motivation on Mathematics Learning Outcomes.” Journal on Research and Review of Educational Innovation 1(2): 54–63. doi:10.47668/jrrei.v1i2.784.
sugiono. 2016. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan RnD.”
Suryati, Kadek, and Evi Dwi Krisna. 2023. “Efektivitas Penerapan Pembelajaran Statistika Berbantuan Aplikasi SPSS Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa.” Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 14(4): 447–55.
Ulfah, Tri Azizah., Wahyuni, Eva Ari., Nurtamam, Mohammad Edy. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Kartu Uno Pada Pembelajaran Matematika Materi Satuan Panjang.” Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya 3(3): 955–61. https://osf.io/qt4mv.
Yolanda, Fitriana, and Putri Wahyuni. 2020. “Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Macromedia Flash.” SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) 4(2): 170–77. doi:10.35706/sjme.v4i2.3612.
Diterbitkan
2025-06-15