PENGARUH E-COMMERCE (STUDI KASUS PADA APLIKASI SHOPEE) TERHADAP MINAT BELI PAKAIAN PRIA DEWASA PADA MAHASISWA PRODI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PALEMBANG

  • Muhammad Lisdan Pondarta Universitas Palembang
  • Nenny Octarinie Universitas Palembang
  • Rusma Rizal Universitas Palembang

Abstrak

Digital marketing is present as a new innovation in the world of marketing. Digital marketing is the process of marketing a product or service via digital means or the internet. Nowadays, people can choose to make purchases online or conventionally. Marketing via the internet allows customers to choose the product or service they want without having to waste time going to the place where they need the product or service. The aim of this research is to examine the influence of e-commerce on interest in purchasing adult clothing among students at the economics faculty at Palembang University. The sample in this research was male students from the Management Studies program, Faculty of Economics, Palembang University. The research method is presented quantitatively, based on questionnaires distributed to respondents. Next, the data was processed using the SPSS 26 program. The final aim of this research is to find out whether all the indicators in the e-commerce variable have an effect on the purchase interest variable.

Referensi

Andhiyani R, dan A. S. (2022). Pengaruh E-Commerce, Sosial Media, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Belanja Shopee. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 20–33.

Annur, C. M. (2022). Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia .

Fatri Fatmawati, T. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Jasa Pembuatan Gigi Palsu di CV Qta Persada Palembang. Jurnal Manajemen, 9(2).

Ghozali. (2020). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 . Badan Penerbit Universitas Diponegoro. .

Hartini, S. (2022). Didigital Marketing Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 5(1), 197–206.

Hermawan, D. J. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Online (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Platform Shopee). Ecobuss.

Marlin, K. dkk. (2023). Pengaruh Layanan COD dan Gratis Ongkir Terhadap Minat Beli Konsumen Pada e-commerce Shopee. Jurnal Uinmy Batu Sangkar.

Novianti, dan S. A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Minat Beli dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian di Minimarket Victoria Tiban. ECo Buss, 8(1), 66–78.

Octarinie, N. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Semen (Studi Kasus Pada Semen Baturaja Persero Tbk). Jurnal Manajemen, 9(4).

Purboyo, dkk. (2021). Perilaku Konsumen (Tinjauan Konseptual dan Praktis). CV Media Sains Indonesia.

Rasjid, A. (2021). Pengaruh Persepsi Harga dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelangsn Pada Jasa Transportasi Ojek Online (Studi Kasus Pelanggan Grab Di Kota Palembang). Jurnal Manajemen, 9(4).

Royantha, dan O. N. dan W. Z. (2022). Pengaruh Strategi Produk dan Harga Terhadap Keinginan Membeli Sepeda Motor Merek Honda Beat Pada Konsumen Dealer Daya Motor Kota Prabumulih. Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi Manajemen Dan Bisnis , 2(3).

Septaria, V. dan R. R. (2022). Pengaruh Brand Image dan Brand Experince Terhadap Behavioral Intention Melalui Custumer Experience Sebagai Moderasi (Studi kasus Destinasi Wisata Seribu Rumah Gadang ). Jurnal Manajemen, 10(2), 223–236.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan dan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D . Alfabeta.

Warni, Z. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Kosmetik Wardah pada Gerai Kosmetik Caarefour Palembang Square Di Kota Palembang . Jurnal Manajemen, 8(4).

Warni, Z. (2021). Pengaruh Kepercayaan dan Komitmen Terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna Jasa Bengkel Auto2000 Tanjung Api-Api Palembang. Jurnal Manajemen, 9(4).

Warni, Z. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Rumah Makan Sri Melayu Di Kota Palembang. Jurnal Manajemen, 9(2).

Warni, Z. (2022). Pengaruh Kepribadian, Demografi dan Lingkungan Terhadap Minat Berwirausaha Penjual Martabak Manis di Kayu Agung Kabupaten Ogan Komering Ilir. EKONOMIKA, 15(1), 103–121.

Warni, Z. dkk. (2024). Pengaruh Word of Mouth dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk MCDonalds Di Kota Palembang (Studi Kasus Terhadap Merek Dunia Yang Mendukung Israel). Jurnal Manajemen, 12(2), 132–142.

Warni, Z. dkk (2024). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Minat Pembelian Polis Kendaraan Bernotor Pada Generasi Z Di Kota Palembang. Jurnal Manajemen, 12(1), 84–91.

Diterbitkan
2025-04-30
Bagian
Articles