ANALISIS PENERIMAAN MARKET PLACE FACEBOOK MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)
Abstrak
Dengan banyaknya alternatif marketplace online yang lebih terstruktur dan memiliki sistem perlindungan konsumen yang lebih ketat, seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak dan lain-lain yang menjadi saingan Marketplace Facebook. Selain itu Fitur Market Place di Facebook di luncurkan sejak tahun 2016 namun belum di ketahui tingkat penerimaannya. Preferensi penjual dan pembeli rata-rata penjual memilih menggunakan group Facebook atau media social lain untuk berjualan di bandingkan dengan Market place Facebook, dari segi kesadaran atau pemahaman juga mengenai fitur dan manfaat fitur Marke tplace Facebook masih kurang. Penelitian ini mengadopsi pendekatan eksplanatori dengan tujuan menjelaskan hubungan sebab-akibat antara variabel penelitian serta menguji hipotesis yang telah dirumuskan untuk memahami fenomena yang diteliti, penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) sebagai kerangka konseptual utama. Model ini membantu dalam mengidentifikasi variabel penelitian yang berkaitan dengan konsep-konsep utama dalam Technology Acceptance Model (TAM), seperti Persepsi Kemanfaatan (Perceived Usefulness), Persepsi Kemudahan Penggunaan (Perceived Ease of Use), Penggunaan Aktual Sistem (Actual System Use), serta Sikap terhadap Penggunaan (Attitude Toward Using). Metode analisis PLS 3 dipilih karena fleksibilitasnya dan dapat menangani banyak variabel sekaligus tanpa memerlukan asumsi yang kompleks, serta mampu mengatasi masalah multikolinieritas antar variabel. Disimpulkan bahwa penggunaan dan manfaat yang dipersepsikan Market place Facebook secara signifikan mempengaruhi sikap dan niat pengguna dalam menggunakan platform tersebut. Meskipun sebagian pengguna merasa cukup memahami cara penggunaannya, masih ada beberapa faktor yang menyebabkan ketidakpuasan dan sikap penolakan. Oleh karena itu, diperlukan upaya yang lebih efektif dalam mensosialisasikan fitur-fitur dan manfaat Marketplace Facebook serta meningkatkan aspek-aspek yang masih kurang memuaskan, seperti frekuensi penggunaan yang belum optimal dan kekurangan fitur dalam proses jual-beli
Keyword : Analisis, Penerimaan , Marketplace , Facebook , TAM
Referensi
L. Jehamat, H. M. E. Gero, and C. E. Meka, “Habitus Belanja Online dan Tren Gaya Hidup Shopaholic di Kalangan Mahasiswa FISIP Universitas Nusa Cendana: Perspektif Cultural Studies,” J. Plur., vol. 2, no. 2, pp. 214–231, 2024.
M. R. G. Ardiansyah and S. Zuhroh, “Pengaruh Kemudahan Penggunaan terhadap Minat Beli Ulang yang Dimediasi oleh Kepercayaan (Studi pada Pengguna Aplikasi Marketplace),” Kompeten J. Ilm. Ekon. dan Bisnis, vol. 2, no. 6, pp. 854–861, 2024, doi: 10.57141/kompeten.v2i6.127.
Kesuma Lucky Indra, Umilizah Nia, and Cristianti Marissa, “Analisis Kualitas Pelayanan Website Tokopedia.co.id dan Shopee.co.id Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan TAM,” J. Inform. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 64–76, 2023, [Online]. Available: https://jifsi.unisti.ac.id/index.php/JIFSI.
I. D. Yuni, F. A. Lubis, and M. Arif, “Analisis Potensi Pasar Tradisional Dalam Persaingan Di Era Digital Kabupaten Asahan,” Ganaya J. Ilmu Sos. dan Hum., vol. 7, no. 3, pp. 190–197, 2024, doi: 10.37329/ganaya.v7i3.3339.
M. Maqableh, H. Y. Hmoud, M. Jaradat, and R. Masa’deh, “Integrating an information systems success model with perceived privacy, perceived security, and trust: the moderating role of Facebook addiction,” Heliyon, vol. 7, no. 9, p. e07899, 2021, doi: 10.1016/j.heliyon.2021.e07899.
L. A. Utami and M. A. Yaqin, “Analisis Penerimaan Sistem Informasi Penanganan Dan Pengadministrasian Pengaduan Masyarakat (Sipedas) Menggunakan Tam,” J. Teknoinfo, vol. 18, no. 2, p. 350, 2024, doi: 10.33365/jti.v18i2.3882.
P. G. Subhaktiyasa, “Menentukan Populasi dan Sampel : Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif,” vol. 9, pp. 2721–2731, 2024.
A. Christopher, A. Tirtana, and A. Aditya, “Analisis Tingkat Penerimaan Aplikasi Bca Mobile Di Kota Malang Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (Tam),” J. Teknoinfo, vol. 16, no. 2, p. 452, 2022, doi: 10.33365/jti.v16i2.2045.
H. Hervilia, D. Singasatia, and M. Agus Sunandar, “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Teknologi Pada Pengguna Aplikasi Shopee Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM),” INSOLOGI J. Sains dan Teknol., vol. 1, no. 4, pp. 401–410, 2022, doi: 10.55123/insologi.v1i4.750.
M. Sarstedt, C. M. Ringle, and J. F. Hair, Handbook of Market Research, no. July. 2020.
A. A. Hanggono, S. R. Handayani, and H. Susilo, “Analisis Atas Praktek TAM Dalam Mendukung Bisnis Online Dengan Memanfaatkan,” J. Adm. Bisnis, vol. 26, no. 1, pp. 1–9, 2015.
J. Henseler, C. M. Ringle, and M. Sarstedt, “A new criterion for assessing discriminant validity in variance-based structural equation modeling,” J. Acad. Mark. Sci., vol. 43, no. 1, pp. 115–135, 2015, doi: 10.1007/s11747-014-0403-8.
G.- MARDIATMOKO, “Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda,” BAREKENG J. Ilmu Mat. dan Terap., vol. 14, no. 3, pp. 333–342, 2020, doi: 10.30598/barekengvol14iss3pp333-342.

##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##