Sistem Informasi Manajemen Rental PS dengan Fitur Reservasi (Studi kasus: Rossy Game House Mojokerto)
Abstract
Permintaan terhadap layanan rental PlayStation (PS) terus mengalami peningkatan seiring dengan tingginya minat masyarakat terhadap hiburan digital. Rental PS dipilih sebagai objek penelitian karena banyak pelaku usaha di bidang ini masih menggunakan sistem manajemen secara manual, seperti pencatatan pemesanan di buku tulis atau file spreadsheet sederhana, serta konfirmasi reservasi yang dilakukan melalui komunikasi langsung seperti telepon atau pesan singkat. Cara kerja ini rentan terhadap kesalahan pencatatan, duplikasi data, hilangnya data penting, dan menyulitkan dalam pelacakan riwayat transaksi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sistem informasi manajemen rental PS berbasis web yang dilengkapi dengan fitur reservasi online. Pengembangan sistem dilakukan dengan metode pengembangan Waterfall yang mencakup tahap analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Sistem yang dibangun menyediakan fitur seperti registrasi dan login pengguna, pemesanan PS secara daring, pengelolaan data oleh admin, serta pemantauan aktivitas reservasi secara real-time. Hasil implementasi menunjukkan bahwa sistem dapat membantu pelaku usaha dalam mengelola data dengan lebih terstruktur, mempercepat proses reservasi, dan memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mengakses layanan. Dengan demikian, sistem ini menjadi solusi digital yang mampu menjawab tantangan pengelolaan rental PS di era teknologi saat ini.
References
M. A. Adriansyah, D. Diana, A. Sonita, and M. Muntahanah, “Party Equipment Rental Application Using Website-Based Notification,” J. Komputer, Inf. dan Teknol., vol. 3, no. 2, pp. 357–370, 2023, doi: 10.53697/jkomitek.v3i2.1212.
P. A. Dzikri, V. Atina, J. Maulindar, S. Informasi, F. I. Komputer, and U. D. Bangsa, “Pemodelan Sistem Informasi Rental Playstation Berbasis Web Pada Sanjaya Playstation Menggunakan Metode Waterfall,” vol. 4, no. 3, 2024.
W. Gede Endra Bratha, “Literature Review Komponen Sistem Informasi Manajemen: Software, Database Dan Brainware,” J. Ekon. Manaj. Sist. Inf., vol. 3, no. 3, pp. 344–360, 2022, doi: 10.31933/jemsi.v3i3.824.
D. Hidayatullah and T. Ardiansah, “Sistem Informasi Reservasi Pelayanan Dan Penyewaan Fasilitas Lapangan Futsal Berbasis Web Dengan Metode Waterfall,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 3, pp. 64–68, 2022, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
B. P. Widodo and H. D. Purnomo, “Perancangan Aplikasi Pencarian Layanan Kesehatan Berbasis Html 5 Geolocation,” J. Sist. Komput., vol. 6, no. 1, pp. 2087–4685, 2016, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/236215530.pdf
Ismai, “Penerapan Metode Sdlc Waterfall Dalam Sistem Informasi,” J. Sist. Inf. Musirawas, vol. 3, no. 1, pp. 23–29, 2018, [Online]. Available: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF/article/view/2457
G. Gustiar, S. Zakir, W. Aprison, and Z. Sesmiarni, “Perancangan Absensi Siswa berbasis Web Berbasis PHP MySQL di SMA Negeri 1 Palupuh,” Intellect Indones. J. Learn. Technol. Innov., vol. 1, no. 1, pp. 97–111, 2022, doi: 10.57255/intellect.v1i1.52.
P. Fernando, I. Junaedi, and A. Budi Yulianto, “Perancangan Sistem Informasi Booking Studio Musik Berbasis Website Di Studio Abe Music Dengan Metode Waterfall,” J. Sains dan Teknol. Widyaloka, vol. 2, no. 2, pp. 179–205, 2023, doi: 10.54593/jstekwid.v2i2.183.
S. Supiyandi, M. Zen, C. Rizal, and M. Eka, “Perancangan Sistem Informasi Desa Tomuan Holbung Menggunakan Metode Waterfall,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 2, p. 274, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i2.3986.
T. Wahyudi, S. Supriyanta, and H. Faqih, “Pengembangan Sistem Informasi Presensi Menggunakan Metode Waterfall,” Indones. J. Softw. Eng., vol. 7, no. 2, pp. 120–129, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse/article/view/11091
H. Hardiyanto, A. Abdussomad, E. Haryadi, R. Sopandi, and A. Asep, “Penerapan Model Waterfall Dan Uml Dalam Rancang Bangun Program Pembelian Barangberorientasi Objek Pada Pt. Fujita Indonesia,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 13, no. 4, pp. 4–11, 2021, doi: 10.35969/interkom.v13i4.55.
A. Rifai and Y. P. Yuniar, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Ujian Pada SMK Indonesia Global Berbasis Web,” J. Khatulistiwa Inform., vol. 7, no. 1, pp. 1–6, 2019, doi: 10.31294/jki.v7i1.64.
R. Y. Ariyana, Erma Susanti, Muhammad Rizqy Ath-Thaariq, and Riki Apriadi, “Penerapan Uji Fungsionalitas Menggunakan Black Box Testing pada Game Motif Batik Khas Yogyakarta,” JUMINTAL J. Manaj. Inform. dan Bisnis Digit., vol. 2, no. 1, pp. 33–43, 2023, doi: 10.55123/jumintal.v2i1.2371.