Pengaruh Kesadaran Halal, Brand Image, dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue di Kabupaten Lamongan

  • Bayu agus Permadi Agus STIE MAHARDHIKA SURABAYA
  • Muhammad Rosul muhammad STIE Mahardhika Surabaya
  • Friska Amelia Dwinita STIE Mahardhika Surabaya
  • Nindya Kartika Kusmayati Nindya STIE Mahardhika Surabaya
  • Ahmad Zainal Makarim STIE Mahardhika Surabaya

Abstrak

Studi ini melibatkan 101 pelanggan Mixue dari Kabupaten Lamongan dan bertujuan untuk memahami bagaimana kesadaran halal, citra merek, dan lifestyle memengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk Mixue. Dalam pendekatan kuantitatif, purposive sampling adalah metode pengambilan sampel. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesadaran halal dan citra merek secara parsial memengaruhi keputusan konsumen untuk membeli barang, sedangkan gaya hidup tidak memberikan dampak yang signifikan. Hasil analisis ini didasarkan pada pengaruh tiga variabel independen: kesadaran halal, citra merek, dan gaya hidup. Variabel dependan, keputusan pembelian hipotesis, menunjukkan bahwa kesadaran halal dan citra merek (X) memengaruhi kepuasan pelanggan (Y), sedangkan gaya hidup tidak memengaruhi (Y), sedangkan secara uji simultan ketiga variabel berpengaruh signifikan terhadap Variabel (Y),menurut uji koefisien determinasi. Untuk menarik lebih banyak pelanggan, Mixue harus memprioritaskan pendekatan yang berfokus pada meningkatkan kesadaran halal dan meningkatkan citra merek. Di sisi lain, mereka harus mempertimbangkan relevansi gaya hidup dalam pemasaran mereka.

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

seorang mahasiswa manajemen STIE mahardhika Surabaya , Aktif di organisasi PMII

Referensi

P. Y. Prasetyo, "PENGARUH KESADARAN HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MUSLIM DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS KFC KOTA SEMARANG)," Diponegoro Journal of Islamic Economics and Business, vol. 3, no. 1, pp. 46-56, Jul. 2024. https://doi.org/10.14710/djieb.19330

A. F. Pasaribu and P. R. Silalahi, "Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Pembeli di Market Place (Studi Kasus pada Aplikasi Shopee)," Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM), pp. 187-195, 2022.

Jesica Apolia Prayogi, Rino Rinaldo, and Elvia Fardiana, “PENGARUH TERPAAN IKLAN PROMOSI SHOPEE ‘FLASH SALE’ DI TELEVISI DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI SHOPEE”, JUKIM, vol. 1, no. 02, pp. 32–41, Mar. 2022.

K. Apriana, Y. Afrida, and Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, "Pengaruh Kesadaran Halal dan Sikap terhadap Niat Membeli Kuliner Halal Dimoderasi oleh Religiusitas," JEBI: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, vol. 9, no. 1, pp. 89-90, 2024.

A. Efendi, "The Effect of Halal Certification, Halal Awareness and Product Knowledge on Purchase Decisions for Halal Fashion Products," Journal of Digital Marketing and Halal Industry, vol. 2, no. 2, p. 148, 2020.

Siti Anisa Oktaviani, “Pengaruh Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Lazada Indonesia ”, JPAES, vol. 1, no. 3, pp. 218–236, Jul. 2024.

Keller, How to Manage Brand Equity. Jakarta: Gramedia Pustaka, 2023.

A. Rahayu, N. N. Marpaung, and B. Aviantono, "Pengaruh Brand Image dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Rose Brand (Studi Kasus Wilayah Jatibening Kota Bekasi)," vol. 7, no. 2, pp. 468-481, 2022.

C. Ardianti, Abdul Salam, and Hanifa Sri Nuryani, “PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI INSTAGRAM (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa Angkatan Tahun 2016 Sampai Dengan Tahun 2018)”, JMB, vol. 3, no. 2, Oct. 2020.

C. D. Tamara and R. Nurlinda, "Pengaruh Kualitas Produk, Lifestyle, Country of Origin Terhadap Keputusan Pembelian," Jurnal Manajemen Kreatif dan Inovasi, vol. 2, no. 2, pp. 275-295, 2024. [Online].https://doi.org/10.59581/jmkiwidyakarya.v2i2.3044.

A. D. Kusumadewi, “PENGARUH BRAND IMAGE, APLIKASI MC DONALD’S DAN LIFE STYLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MC DONALD’S DI PURI SURYA JAYA,” thesis.

Safrida Azzahra and Yulis Nurul ‘Aini, “Pengaruh Gaya Hidup dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse: Studi Pada Mahasiswa D4 Manajemen Pemasaran Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang”, JIMaKeBiDi, vol. 1, no. 2, pp. 251–264, May 2024

A. Rosi, H. Alrasyid, and A. S. Novianto, "Pengaruh Kesadaran Halal, Brand Image, dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue di Kota Malang," Warta Ekonomi, vol. 7, no. 1, pp. 106–116, 2024.

Diterbitkan
2025-04-30
Bagian
Articles